blank
Mahasiswa KKN UNISNU Jepara di depan Perpustakaan Desa Tahunan.

Oleh: Syahrul Juniar Setiawan

JEPARA (SUARABARU.ID)- Salah satu program yang dijalankan mahasiswa Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara yang sedang melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke-X tematik covid-19 adalah dengan memperkuat literasi di Desa Tahunan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara. Hal ini diwujudkan dengan mengadakan kegiatan bimbingan belajar (bimbel) bagi anak-anak dan pengelolaan perpustakaan desa.

blank
Pemdes Tahunan bersama Mahasiswa KKN UNISNU Jepara.

Kegiatan bimbel ini merupakan salah satu progam kerja dari Kelompok 2 yang bermitra dengan perpustakaan Desa Tahunan. Setelah melakukan setting layout dan pengecatan ruang perpustakaan desa, kegiatan bimbel dimulai mulai tanggal 1 Maret 2021. Selama KKN berlangsung, mahasiswa mengadakan bimbel untuk anak-anak di Desa Tahunan. Bimbingan belajar dilaksanakan setiap hari senin sampai sabtu di Perpusdes.

blank
Proses bimbingan belajar di ruang perpusdes.

Acara ini disambut baik oleh warga sekitar. Bisa dilihat dari jumlah anak yang mengikuti bimbel di posko. Semakin hari, jumlahnya semakin bertambah. Kegiatan bimbel ini sangat membantu anak-anak untuk memahami pembelajaran di sekolah. Paling tidak, mahasiswa KKN bisa membantu dalam mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan oleh para guru saat ada di sekolah.

Walaupun dalam bimbel ini disesuaikan dengan keinginan dan permintaan anak, namun dalam pembelajaran akan diusahakan seoptimal mungkin. Kebanyakan dari anak-anak yang datang ke posko, mengaku agak kesusahan dalam memahami sebagian pelajaran. Dari sinilah, yang membedakan tempat sekolah dengan bimbel yang diadakan oleh mahasiswa KKN, yaitu pembelajaran yang santai, intensif, dan lebih interaktif. Oleh karena itu, anak-anak bisa terbantu untuk menghadapi kesusahan dalam pembelajaran.

Bimbel yang diadakan bukan hanya pendidikan yang bersifat pengetahuan formal saja. Akan tetapi, anak-anak juga di ajari pengetahuan seperti belajar bahasa inggris. Salah satu tujuan bimbel sendiri yaitu untuk meningkatkan minat belajar anak-anak dengan cara membantu kesulitan anak-anak dalam proses pembelajaran.

Hal tersebut juga direspon baik oleh petinggi desa Tahunan, Muhadi mengatakan bahwa kegiatan pendampingan pembelajaran yang diadakan oleh mahasiswa KKN ini penting bagi anak-anak generasi penerus, apalagi kegiatan tersebut dilakukan di perpustakaan desa yang mana sesuai dengan salah satu program desa yaitu membangkitkan gemar membaca bagi anak-anak di desa Tahunan.

Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya bimbel ini, anak-anak bisa lebih memahami pelajaran yang belum bisa. Walaupun kegiatan bimbingan saat belajar santai, namun kondisinya masih tetap kondusif. Meskipun waktunya hanya singkat, semoga dengan adanya bimbel yang diadakan oleh mahasiswa KKN bisa membantu meningkatkan minat belajar anak-anak yang masih dilingkup sekolah, sehingga sumber daya manusia (SDM) menjadi semakin membaik dan bermanfaat untuk warga sekitar yang ada di Desa Tahunan. (Syahrul Juniar Setiawan, Mahasiswa KKN UNISNU Jepara).