blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih dilantik dan diambil sumpahnya oleh Gubernur Jateng di Pendopo Rumah Dinas Bupati dengan didampingi oleh Kepala Kantor Kemenag Kebumen Panut.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH bersama Wakil Bupati Hj Ristawati Purwaningsih SST MM bertekad melakukan keterbukaan anggaran. Guna menjamin transparansi keuangan tersebut Pemkab siap menggelar festival anggaran di Alun-alun setempat.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Arif Sugiyanto didampingi Wakil Bupati Arif Sugiyanto usai dilantik oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di  Pendopo Rumah Dinas Bupati, Jumat (26/2). Pelaksanaan pelantikan secara virtual berjalan lancar dan khidmat, dimulai sekitar Pukul 09.00-10.00.

Pelantikan bupati dan wakil bupati Kebume itu dihadiri secara terbatas unsur Forkopimda, sembilan pimpinan partai politik di Kebumen, tokoh masyarakat dan tokoh agama serta keluarga bupati dan wakil bupati.

Karangan bunga ucapan selamat  memenuhi kompleks Pendopo Rumah Dinas Bupati hingga halaman dalam dan Alun-alun Kebumen.  Di antaranya dari anggota DPR RI Utut Adianto dari FPDIP dan anggota DPR RI KRT Darori Wonodipuro dari Partai Gerindra.

Aparat keamanan Polres Kebumen didukung Brimob Kutoarjo dan Satpol PP serta Dishub terus mengamankan jalannya pelantikan dari kompleks Pendopo Rumah Dinas Bupati. Para tamu yang memberikan selamat langsung pun diatur dan dibatasi secara ketat oleh Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kebumen.

Kepada pers Bupati menyatakan, setalah dilantik oleh Gubernur Ganjar Pranowo, pihaknya segera bekerja. Jumat siang Pukul 13.30 ada serah terima jabatan dengan pelaksana harian (Plh) Bupati, dan pada Pukul 14.00 memberikan Pidato di DPRD Kebumen.

Hari Sabtu akan langsung bekerja untuk masyarakat.”Insya Allah bersama dengan bu Wabup saya akan langsung bekerja untuk masyarakat,”tandas Arif Sugiyanto.

Sedangkan prioritas yang pertama ditangani adalah sektor pelayanan dasar. Bupati menilai, sektor pelayanan dasar masih banyak yang kendala dan harus dibenahi. Pihaknya akan langsung turun mengecek ke lapangan bersama wakil bupati agar bisa segera ditangani.

Menyinggung Program Kerja 100 hari ke depan, pihaknya akan memprioritaskan pada penataan aparat birokrasi. Birokrasi akan dirampingkan supaya lebih efektif dan efisien dalam bekerja .

Kemudian di bidang anggaran, keterbukaan akan betul-betul dilaksanakan. Bahkan melalui festival anggaran semua organisasi perangkat daerah (OPD) wajib mengikuti dan masyarakat bisa melihat secara langsung.

“Festival anggaran akan saya buka di Alun-alun sehingga masyarakat akan bisa melihat dengan terang benderang. Itu yang paling penting,”tandas mantan anggota Brimob Polda Metro Jaya tersebut.

Sedangkan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih menyatakan, pihaknya sebagai wakil bupati setelah resmi dilantik akan mendukung sepenuhnya apa program dan kebijakan bupati Kebumen. Di sisi lain, sebagai wakil bupati dirinya juga akan bekerja melaksanakan tugas sesuai tugas pokok dan fungsinya.

“Alhamdulillahirobbil alamin kita sudah dilantik. Pada prinsipnya saya sebagai wakil bupati akan mendukung sepenuhnya kebijakan beliau dan sebagai wakil bupati saya akan bekerja  sesuai tupoksi sebagai wakil bupati,”ujar perempuan politisi PDIP Kebumen tersebut.

Komper Wardopo

blank