blank
Ketua KONI Mayjen TNI (Purn) Suwarno melakukan kunjungan ke Kodam XVII/Cenderawasih diterima Kasdam XVII Brigjen TNI Bambang Trisnohadi membahas koordinasi pengamanan PON XX Papua. Antara

JAYAPURA (SUARABARU.ID) – Pengurus Komite Nasional Olahraga Indonesia Pusat dan Panitia Besar PON Papua bersama Kodam XVII/Cenderawasih melakukan koordinasi pengamanan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XX Papua yang dijadwalkan berlangsung Oktober 2021.

Keterangan diterima Kamis dini hari disebutkan, pembahasan pengamanan PON XX Papua disampaikan pengurus KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Suwarno dan Ketua 1 Panitia Besar PON Papua Yusuf Yambe Yabol dengan Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi di Makodam Jayapura.

Ketua KONI Pusat Mayjen (Purn) Suwarno meminta TNI khususnya Kodam XVII/Cenderawasih untuk membantu menyukseskan PON XX Tahun 2021 di Papua.

“Dari KONI Pusat, kami meminta Kodam XVII/Cenderawasih untuk membantu menyukseskan even tersebut mulai dari sebelum sampai dengan sesudah penyelenggaraan PON XX Tahun 2021 di Papua,”ungkap Suwarno.

Ia menyebutkan, apalagi dalam pembukaan PON juga membutuhkan kesiapan yang benar-benar matang agar hasilnya maksimal sehingga seluruh masyarakat Indonesia mengetahui bahwa Papua mampu menyelenggarakan PON.

Sementara itu, Ketua I PB PON Papua Yusuf Yambe Yabol juga menyampaikan, mengingat waktu penyelenggaraan PON XX Tahun 2021 di Papua semakin dekat maka perlu dilakukan koordinasi dan menggelar rapat bersama.

“Kami bersama Panitia PB PON XX akan mengelar rapat dengan Bapak Pangdam bersama pejabat Kodam yang terlibat dalam PON XX di Papua untuk mencari solusi apabila masih terdapat kekurangan-kekurangan dalam penyelenggaraannya, sehingga even ini dapat berjalan secara maksimal tanpa hambatan dan gangguan apapun,” ujarnya.

Kasdam XVII/Cenderawasih menyampaikan, jajaran Kodam XVII/Cenderawasih akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyukseskan PON XX di Papua.

“Kodam XVII/Cenderawasih akan membantu semaksimal mungkin dalam penyelenggaraan PON XX di Papua mulai dari transportasi kontingen, mess atlet dan keamanan sebelum penyelenggaraan dan sesudahnya,” ujar Kasdam.

Terkait dengan keamanan, menurut Brigjen Bambang, Kodam XVII/Cenderawasih sudah berkoordinasi dan bersinergi dengan Polda Papua dalam rangka pengamanan PON Papua.

“Kodam XVII dan Polda Papua telah besinergi untuk menjamin keamanan sebelum sampai sesudah penyelenggaraan PON XX Tahun 2021 di Papua,” tegas Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen Bambang Trisnohadi.

Ant/Muha