blank

Oleh: Sholeh, S.Pd.SD

Meskipun pada awal tahun 2020 dunia di bawah ancaman pandemi  Covid – 19,  SD Negeri 3 Ngasem tidak berhenti melakukan inovasi, termasuk di bidang fisik  sekolah. Dibawah bimbingan Sukiswati, S.Pd selaku Kepala SD Negeri 3 Ngasem, Satkordik Batealit, Jepara  dan dan arahan ketua tim  peñata taman Kumaidi, sekolah ini menjadi semakin indah, asri dan nyaman.

blank
Sukiswati, S.Pd, Kepala SDN 3 Ngasem, Batealit.

Ada banyak yang dilakukan. Diantaranya adalah dengan membangun taman disamping taman yang sudah dari dulu ada. Taman tersebut tertaaa rapi bersih, asri dan indah berkat tangan trampil siswa, guru , dan karyawan. Juga dibantu alumni dan pemuda sekitar yang peduli pendidkan khususnya keindahan sekolah. Tujuannya  agar warga sekolah nyaman dalam proses belajar mengajar.

blank
Salah satu sudut taman yang nampak indah

Taman baru tersebut dibangun disetiap sudut halaman depan dan belakang sekolah. Tiada sudut yang kosong. Di depan kelas, sekitar mushola, kantin, perpustakaan, dan tidak ketinggalan belakang sekolah. Bahkan tembok dibuat mural dengan berbagai tema mulai ajakan membaca sampai waspada Covid -19.

Dengan banyaknya taman yang di bangun maka wajar jika SD Negeri 3 Ngasem mendapat julukan “Sekolah Seribu Taman” dari warga sekitar Dengan banyaknya bunga yang berwarna–warni dan daun yang hijau membuat   siapapun yang memandang merasakan kenyamanan.

blank
Kepala Sekolah dan para guru SDN 3 Ngasembersama ingin wujudkan sekolah seribu taman

Prestasi lain

Kemajuan sebuah lembaga pendidikan dapat diukur dari sisi akademis dan non akademis. Dari Bidang akademis SD Negeri 3 Ngasem meraih nilai rata-rata ujian sekolah menempati peringkat 6 besar dari 50-an SD/MI se-Kecamatan Batealit.

Sementara pada OSN SD Negeri 1 Ngasem juga masuk 3 besar kecamatan. Termasuk juga bidang   olahraga dengan bimbingan guru olahraga, Hariyanto juga menjadi juara bola volly 3 tahun berturut turut.

blank
Salah satu taman di SD Negeri 3 Ngasem

Disamping itu di cabang olah raga pencak silat juga meraih prestasi yang membanggakan terutama dibagian putri yang meraih 3 besar dalam Popda tingkat kabupaten atas nama Firda.

Sebagai SD yang menjadi rujukan SD-SD lain SD Negeri 1 Ngasem  selalu memberi  ruang bagi   Riset And Development (Litbang). Melalui riset tersebut bisa ditemukan apa yang dibutuhkan  sebuah  sekolah  dasar untuk mengembangkan institusinya.

Penulis adalah guru SD Negeri 3 Ngasem, Kecamatan Tahunan.