blank
Ilustrasi. Foto: Ist

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Vaksinasi covid-19 di Kabupaten Magelang, rencana akan dilaksanakan Senin (25/1/2021). Tahap pertama Bupati Magelang, Zaenal Arifin akan mendapatkan vaksinasi bersama unsur forkopimda dan tokoh masyarakat.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan yang juga Koordinator Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Kabupaten Magelang, Retno Indrastuti, pada tahap pertama  Kabupaten Magelang mendapatkan sebanyak 2.794 vaksin. Vaksin sebanyak itu akan diberikan kepada  tenaga kesehatan (sumber daya kesehatan) termasuk satpam yang bekerja di fasilitas kesehatan.

Sebelumnya dia mengusulkan sebanyak sekitar 3.273 ke Kementerian Kesehatan. “Namun setelah dilakukan verifikasi, yang lolos 2.794 tersebut,” katanya.

Untuk tahap pertama itu vaksin datang pada Minggu 24 januari 2021 sekitar pukul 12.52 WIB. “Untuk saat ini kami simpan di gudang kesehatan yang telah kami siapkan. Selanjutnya, vaksin akan didistribusikan ke masing-masing fasilitas kesehatan tempat pemberian vaksin di wilayah ini,” lanjutnya.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang Nanda Cahyadi Pribadi menambahkan, hari ini ada tambahan 14 pasien terkonfirmasi. Mereka berasal dari  Mertoyudan, Kaliangkrik, Secang dan Bandongan, masing-masing dua orang. Kemudian satu orang di Borobudur, Mungkid, Muntilan, Sawangan, Tempuran, dan Pakis.

Meski demikian, saat ini juga ada tambahan tiga yang sembuh. Semuanya berasal dari Kecamatan Candimulyo. Hari ini juga ada tambahan satu pasien terkonfirmasi yang meninggal. Berasal dari Muntilan.

Jumlah komulatifnya 7.495 orang. “Rinciannya, 1.480 dalam penyembuhan, 5.820 sembuh dan 195 meninggal,” lanjut Nanda.

Sedang untuk pasien suspek, ada tambahan tujuh orang. Namun ada satu yang dinyatakan sembuh. Ia berasal dari Kecamatan Mertoyudan.

“Dengan tambahan ini, jumlah komulatif pasien suspek menjadi 1.217 orang. Rinciannya, 116 dirawat, 1.068 sembuh, 28 menjalani isolasi mandiri dan 105 dinyatakan selesai menjalani isolasi mandiri,” pungkasnya.

Eko Priyono-wied