blank
Kasat Sabhara Polres Kebumen AKP Rujito bersama anggota membawa anjing pelacak menyisir gereja.(Foto;:B/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Mendekati perayaan Natal, Sat Sabhara Polres Kebumen intensifkan patroli ke gereja.  Mereka menyisir sejumlah gereja denga membawa anjing pelacak spesialis bahan peledak.

Patroli dipimpin oleh Kasat Sabhara Polres Kebumen AKP Rudjito bersama dengan Unit Dalmas serta Unit K9 Polres Kebumen menyambangi gereja di wilayah Kecamatan Sruweng, Karanganyar dan Gombong, Rabu (23/12).

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama diampingi Kasubbag Humas Polres Iptu Sugiyanto mengungkapkan, kegiatan tersebut dalam rangka pengecekan keamanan gereja menjekang Hari Natal.

blank
Patroli Sat Sabhara Polres Kebumen sterilisasi gereja di wilayah Gombong.(Foto:SB/Ist)

Para personel patroli membekali diri dengan senjata laras panjang, rompi anti peluru, metal detektor, kaca inspeksi kolong mobil.

“Kegiatannya sambil patroli, Sat Sabhara juga menyeterilisasi sejumlah gereja. Kami sisir menggunakan metal detektor, selanjutnya kami juga melibatkan anjing pelacak spesialis bahan peledak,”jelas Kapolres.

Dari hasil penyisiran, sampai dengan saat ini situasi gereja secara umum di Kebumen aman. Namun demikian, pihaknya tak ingin kecolongan. Penjagaan melekat ke sejumlah gereja serta patroli Backbone dari Polsek dilakukan maksimal sampai dengan perayaan Natal dan Tahun Baru selesai.

“kami dari Polres Kebumen berharap situasi keamanan tetap kondusif. Mari kami imbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga situasi kondusif di wilayah masing-masing agar perayaan Natal dan Tahun Baru  aman dan lancar,”imbuh Kasubbag Humas Polres Iptu Sugiyanto.

Selama kegiatan berlangsung, pihak gereja menyambut positif. Dari pihak gereja, telah melakukan persiapan banyak menyambut perayaan Natal. Sejumlah handsanitizier serta tanda silang di bangku jamaah untuk menjaga jarak sudah disiapkan jauh hari.

Dengan demikian, perayaan Natal akan dilakukan dengan jamaah yang sangat terbatas serta mengedepankan protokol kesehatan guna memutus rantai  penularan Covid-19.

Di hari yang sama Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama juga melakukan pemantauan dan pengecekan stok bahan sembako di Pasar Prembun bersama dengan Forkompinda menjelang libur Natal dan pergantian Tahun Baru. Kapolres mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menegakkan protokol kesehatan untuk memutus penyebaran virus corona.

“Covid-19 masih menjadi persoalan bersama. Melalui personel Polres Kebumen yang ada, kami terus mengedukasi masyarakat pentingnya menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari,” ujar AKBP Piter.

 

Menurut Kapolres, keberhasilan menurunkan angka positif Covid-19 di Kebumen memerlukan peran seluruh dan kepedulian seluruh masyarakat.

Komper Wardopo