blank
Waroeng Binaan telah disulap dengan pendekatan modern yang dilengkapi atap, kursi dan meja bersama dengan kapasitas ratusan orang hingga sudut hiburan. Foto: Humas SG

REMBANG (SUARABARU.ID) Sentral Area Warung Binaan yang merupakan sinergi dengan enam BUMDes setempat diresmikan PT Semen Gresik (SG) lewat pilar program SG Mandiri.

Warung binaan (WABI) ini dikelola oleh masyarakat sekitar perusahaan yang beroperasi 24 jam setiap harinya tersebut diperluas dan direnovasi dengan biaya hingga Rp 700 juta.

Pendirian WABI memberikan peluang ekonomi bagi masyarakat di 6 desa sekitar perusahaan (Desa Kajar, Timbrangan, Pasucen, Tegaldowo, dan Kadiwono) dan Blora (Desa Ngampel). Proses renovasi telah berjalan selama tiga bulan hingga diresmikan pada 18 Desember 2020 lalu.

Kepala Unit Komunikasi dan CSR, Dharma Sunyata, mengharapkan dengan hadirnya Waroeng Binaan ini dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman secara kolektif terhadap semangat perusahaan dalam mendorong kemandirian ekonomi masyarakat sekitar.

blank
Warung binaan taat protokol kesehatan dilengkapi denggan tempat cuci tangan. Foto: Humas SG

“Dalam pengelolaan WABI ini, enam BUMDes yang mengelola mendapatkan fasilitas tempat berjualan yang representatif beserta bantuan air dan kelistrikan yang seluruhnya gratis dari CSR PT Semen Gresik,” kata Dharma Sunyata dalam siaran persnya, Minggu, (20/12).

Selain memberikan tempat dan fasilitas penunjang secara gratis, para pengelola WABI dari BUMDes enam desa juga mendapatkan pendampingan dan pelatihan mengenai service excellence untuk pengelolaan yang optimal.

Dharma Sunyata melanjutkan  bahwa program ini sejalan dengan pelaksanaan kegiatan CSR di PT Semen Gresik untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional dari aspek dampak ekonomi akibat pandemic covid 19 sekaligus pencapaian upaya kemandirian dan kedaulatan ekonomi masyarakat setempat.

Yuni, salah satu pengelola warung dari BUMDes Mumpuni Desa Tegaldowo menyampaikan keberadaan Waroeng Binaan CSR PT SG sangat membantu tidak hanya keluarganya namun juga meningkatkan nilai tambah kegiatan unit usaha BUMDes , yang pada akhirnya akan berdampak pada peluang bertambahnya nilai PAD. Sehingga ia berharap setelah adanya revitalisasi warung binaan, hasil yang didapatkan akan semakin meningkat sehingga mampu mempercepat pembangunan di desanya.

Kini, Waroeng Binaan telah disulap dengan pendekatan modern yang dilengkapi atap, kursi dan meja bersama dengan kapasitas ratusan orang hingga sudut hiburan. Tidak hanya itu, Waroeng Binaan juga dilengkapi fasilitas penu

njang protokol kesehatan seperti materi-materi imbauan, hand sanitizer, pembagian masker, hingga sosialisasi pencegahan covid-19 yang secara konsisten dilakukan oleh Semen Gresik kepada penjual.

Hal ini dilakukan untuk mendukung kenyamanan dan kesehatan penjual maupun pembeli sehingga semakin nyaman dalam beraktivitas di area tersebut.

Widiyartono R-trs