blank
Simulasi pemungutan suara Pilkada 2020 dengan protokol kesehatan dilakukan KPU Wonosobo di Gedung Adipura. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Ketua KPU Wonosobo Asma’ Khozin menyatakan warga yang sudah terdaftar sebagai pemilih tidak perlu takut untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilkada yang akan berlangsung 9 Desember 2020 mendatang.

Sebab, sambung dia, sebelumnya TPS dipastikan aman dan sehat karena sudah dilakukan proses sterilisasisasi dengan cairan disinfektan oleh petugas. PPS, KPPS dan Linmas juga telah bebas Covid-19 sebab sudah dirapid test.

“Selama dilaksanakan pemilihan, petugas dan pemilih, sudah menggunakan standar protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Jadi pemilih tak perlu khawatir dan was-was akan tertular virus Corona,” ujarnya.

Asma’ Khozin mengatakan hal itu di sela-sela memantau simulasi pemilihan Pilkada dengan protokol kesehatan di Gedung Adipura Wonosobo, Sabtu (21/11), pagi ini. Simulasi diikuti PPK dan PPS se-Wonosobo selama dua hari sejak, Jumat (20/11), kemarin.

Protokol Kesehatan

blank
Ketua KPU Wonosobo, Asma’ Khozin. Foto : SB/Muharno Zarka

Anggota KPU Wonosobo Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan SDM, Amirudin menambahkan, sebelum dan sesudah menggunakan hak pilih, pemilih harus cuci tangan dengan sabun di air mengalir yang ada di TPS.

“Pemilih akan diukur suhunya dengan thermogun. Setelah itu, menyerahkan undangan dan mengisi absensi sembari diberi kaos tangan oleh petugas KPPS. Saat mencoblos semua pemilih menggunakan kaos tangan khusus,” jelasnya.

Bagi pemilih yang bersuhu tubuh tinggi di atas normal, sebutnya, akan disediakan bilik khusus, tidak bersama dengan bilik yang lain yang bersuhu tubuh normal. Setelah memilih sarung tangan dilepas dibuang di tempat sampah yang sudah disiapkan di TPS.

“Jari pemilih akan ditetesi tinta sebelum keluar dari TPS. Tidak dicelupkan seperti pada pemilhan legislatif sebelumnya. Jarak antar KPPS maupun pemilih diatur renggang sehingga tidak berkerumun. Setelah mencoblos pemilih diminta langsung pulang,” tandasnya.

Muharno Zarka-mul