blank
Camat Puhpelem, Jaiman, bersama jajaran Forkompincam, memberikan pengarahan dan sambutan dalam acara sosialisasi tanggap bencana.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bertempat di Balai Desa Tengger, Kecamatan Puhpelem, telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi tanggap penanggulangan bencana Gempa Bumi dan Tsunami.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Puhpelem, Jaiman, Danramil-24 Puhpelem Kodim 0728 Wonogiri yang diwakili oleh Bati Tuud Pelda Bambang, Kapolsek Puhpelem Iptu Budiono, Tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kelembagaan Desa, Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Puhpelem, tokoh masyarakat, para ketua RT/RW dan masyarakat.

Camat Puhpelem, Jaiman, menyatakan, diperlukan tindakan sinergi pemerintah dan masyarakat, untuk melakukan berbagai langkah kesiapan pencegahan bencana. Adanya penelitian yang ditindaklanjuti dengan peringatan dini, belum dapat sepenuhnya menjamin keberhasilan upaya pencegahan.

Terjadinya korban jiwa dan kerusakan akibat bencana, itu bisa ditimbulkan karena tanpa adanya langkahg antisipasi kesiapan masyarakat bersama pemerintah dan seluruh pihak terkait lainnya.

Peringatan Dini
Tim dari BPBD dan Kelembagaan Desa, berharap, masyarakat mampu melakukan perlindungan dan penyelamatan diri terhadap bencana gempa bumi dan tsunami, juga merespon peringatan dini secara cepat dan tepat.

Langkah-langkah mitigasi bencana gempa dan tsunami, itu bisa dilakukan dengan meningkatkan kegiatan sosialisasi mitigasi, latihan evakuasi warga, menata dan memasang rambu evakuasi, menyiapkan tempat evakuasi sementara, membangun bangunan dan rumah rumah tahan gempa.

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan penanggulangan bencana, dapat meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana, khususnya gempa bumi dan tsunami.

Bambang Pur