blank
. Seorang petugas saat memeriksa sekeliling bangunan kandang pasca pemadaman. Foto : ist.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Sebuah kandang ayam jenis pedaging ludes terbakar. Peristiwa ini terjadi di peternakan ayam milik Agus Siswanto (47), di Dusun Kunjeng, Desa Kuwaron,Kecamatan Gubug, Sabtu (24/10/2020).

Dari informasi yang diperoleh, insiden terjadi sekitar pukul 03.30 WIB. Saat kejadian, kandang berbentuk limasan dua lantai berukuran 12 x 100 meter ini berisi 40 ribu ekor ayam berumur 12 hari.

Kerugian Rp 2,5 Miliar

Tidak ada korban manusia dalam insiden ini, namun puluhan ribu ayam terpanggang bersamaan dengan kandang yang ludes terbakar. Selain itu, korban mengalami kerugian material dengan taksiran mencapai Rp 2,5 miliar.

Kebakaran kali pertama diketahui Ahmad Lukman, penjaga kandang yang kala itu sedang tidur. Tiba-tiba ia bangun dan melihat kobaran api dari lantai dua.

blank
Lokasi kebakaran dipasangi garis polisi untuk mempermudah melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran. Foto : ist.

Ahmad langsung berteriak memanggil empat rekannya untuk memadamkan api. Namun, kobaran api cepat membesar.

Empat armada pemadam kebakaran dari Pos Gubug dan Pos Purwodadi langsung dikerahkan untuk membantu pemadaman api. Dibantu warga, petugas damkar berhasil memadamkan api dalam waktu dua jam.

Terkait penyebab kebakaran, tim Inafis Polres Grobogan masih melakukan penyelidikan. Hal tersebut diungkapkan Kasat Reskrim Polres Grobogan, AKP Aji Dharmawan. “Untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan Tim Inafis Polres Grobogan,” katanya.

Dari kejadian ini, pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang memiliki usaha peternakan agar selalu mengecek sumber arus listrik yang seringkali menjadi penyebab kebakaran.

Hana Eswe-trs.