blank
Rektor UNS, Prof.Dr Jamal Wiwoho SH MHum (Dua dari Kiri) dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Dr. Longki Djanggola (Paling Kanan) tengah menandatangani berita acara kerjasama terkait pengembangan Sumber Daya Manusia  (SDM) dalam acara di Ruang Sidang 2 Gedung dr. Prakosa UNS Surakarta , Selasa (6/10). (Bagus Adji )

SURAKARTA-(SUARABARU.ID) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan kerjasama pengembangan Sumber Daya Manusia  (SDM) di Sulawesi Tengah dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) setempat.

Menyusul ditandatanganinya Kesepakatan Bersama antara keduabelah pihak oleh Rektor UNS, Prof. Dr Jamal Wiwoho SH M.Hum dengan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Dr. Longki Djanggola dalam acara di Ruang Sidang 2 Gedung dr. Prakosa Kampus UNS Surakarta, Selasa (6/10).

Rektor Prof. Jamal Wiwoho dalam sambutannya mengatakan kerja sama antara UNS dengan Pemprov Sulawesi Tengah  meliputi  penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta pengembangan  di Provinsi Sulawesi Tengah.

blank
Rektor UNS, Prof.Dr Jamal Wiwoho SH MHum (Tiga dari kiri) dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Dr. Longki Djanggola (Dua dari Kanan) tengah menunjukkan berita acara kerjasama terkait pengembangan Sumber Daya Manusia  (SDM) antara keduabelah pihak  dalam acara di Ruang Sidang 2 Gedung dr. Prakosa UNS Surakarta , Selasa (6/10). (Bagus Adji )

Diharapkan penandatanganan kesepakatan bersama ini tidak hanya menjadi seremonial semata. Karena itu setelah penandatanganan kerjasama  diharapkan akan ada kegiatan nyata antara UNS dan Pemprov Sulawesi Tengah.

“Bentuknya bisa dengan studi lanjut untuk SDM Pemprov Sulawesi Tengah di UNS. Atau dengan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan Pemprov Sulawesi Tengah. Dan semoga kedepan UNS banyak ditaburi mahasiswa dari seluruh provinsi di Indonesia,” jelasnya sembari menambahkan UNS tidak bisa berkembang seperti sekarang tanpa bekerja sama dengan pihak lain.

Masih dalam kesempatan sama Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Dr. Longki Djanggola dalam sambutan balasannya menyampaikan,  sumber daya alam  di wilayahnya sangat melimpah.

Sulawesi Tengah memiliki tambang Nikel terbesar di Indonesia. Serta masih ada potensi lain yang bisa dikembangkan yang meliputi pertanian, perkebunan dan pariwisata. Karena itu  pihaknya membuka ruang seluas-luasnya untuk akademisi UNS, mahasiswa serta alumni guna melakukan penelitian atau berkarya di Sulawesi Tengah.

Sehingga tidak hanya dalam pendidikan, namun kerja sama di sektor lain juga diharapkan. “Bukti dari keseriusan kami yaitu dengan datang langsung ke UNS meski masih dalam pandemi Covid-19 dan tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Dr. Longki.

Bagus Adji