blank
Kader desa didampingi Babinsa Koramil Ayah Kebumen menyemprotkan disinfektan ke rumah warga Desa Kalipoh, Kamis 27/8.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Seorang warga Desa Kalipoh RT 03 RW 01, Kecamatan Ayah, Kebumen, Sm (50), dilaporkan terkonfirmasi positif Covid-19. Lelaki tersebut baru pulang dari Jakarta dan telah dilakukan Swab karena menderita sakit.

Menurut keterangan yang diperoleh dari pihak berwajib, pada Kamis 27/08/2020 ini terinformasi dari Bidan Desa di Desa Kalipoh, salah satu warganya dinyatakan positif Covid 19 dari hasil Swab di RS Purbowangi, barat Gombong.

Kronologinya, yang bersangkutan pulang merantau dari Jakarta kurang lebih 1 minggu yang lalu. Selama ini yang bersangkutan mengalami gejala demam, batuk, pilek melakukan berobat ke Puskesmas Ayah, selanjutnya dirujuk ke RS Purbowangi. Hasil  swab hari ini dinyatakan Positif. Pasien sekarang diisolasi di RS Purbowangi.

blank
Babinsa Koramil Ayah Kebumen dan perangka desa berkumpul di rumah warga Desa Kalipoh di sela penyemprotan desinfektan.(Foto:SB/Ist)

Pihak Babinsa melaporkan kepada Danramil Ayah dan Kodim 0709 Kebumen informasi awal tersebut. Selanjutnya  Babinsa berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Kalipoh melaksanakan penyemprotan desinfektan di sekitar wilayah rumah pasien.

Ahmad Toefur Rahman, mahasiswa PGMI IAINU Kebumen asal Desa Kalipoh, Kecamatan Ayah, yang sedang menjalankan KKN di desanya mengakui, memang ada sejumlah warga merantau ke kota besar. Bahkan sebagian bekerja sebagai TKI dan TKW di luar negeri. Sejak ada pandemi sebagian TKI dan TKW itu sudah pulang kampung.

Desa Kalipoh berada di dataran tinggi dan perbukitan Kecamatan Ayah. Toefur yang tengah menjalani program KKN di desanya mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, memakai masker saat keluar rumah dan sering mencuci tangan dengan sabun.

Pihaknya juga telah melakukan penyemprotan desinfektan di tempat umum, sekolah, tempat ibadah serta sosialisasi ke RT RW serta melalui jamaah pengajian Yasinan dan Tahlil.”Warga desa ini mata pencahariannya beternak, nderes kelapa, bertani dan berkebun,”jelas Toefur.

Komper Wardopo