blank
Para perwakilan UMKM penerima Pinjaman Kemitraan dari AP I, saat melakukan foto bersama. Foto: heri priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID)– PT Angkasa Pura I (AP I) Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, memberikan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat sekitar, dengan menyalurkan Pinjaman Kemitraan Tahap I Tahun 2020 sebesar Rp 400 juta.

Bantuan pinjaman itu diberikan kepada lima pelaku UMKM di wilayah Jateng, dari berbagai sektor industri, perdagangan dan jasa, yang telah memenuhi persyaratan.

Acara penyaluran pinjaman kemitraan dilaksanakan Jumat (24/7/2020) lalu, di Ruang Rapat Kantor Cabang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, yang dihadiri General Manager beserta jajaran serta lima orang perwakilan dari mitra binaan terpilih.

BACA JUGA : Gerakan BISA di MAJT Berdayakan Pelaku Pariwisata Kota Semarang

General Manager Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto dalam sabutannya menyampaikan, program pinjaman kemitraan ini merupakan salah satu program CSR AP I Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

”Program bantuan CSR ini merupakan bentuk kepedulian sosial kami serta kewajiban untuk turut serta mendampingi para pelaku UMKM, agar dapat menjadi pengusaha kecil yang tangguh dan mandiri,” jelas Hardi.

Dari 1993-2020, AP I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang telah menyalurkan pinjaman kemitraan sebesar Rp 26 Miliar, kepada 866 Mitra Binaan Terpilih, yang telah memenuhi persyaratan.

Beri Manfaat
”Selain memberi pinjaman kemitraan kepada pelaku UMKM terpilih, juga terdapat program pembinaan berupa kesempatan mengikuti pameran produk, pelatihan pengembangan usaha dan pemagangan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas produksinya,” katanya.

Hardi menjelaskan, harapannya ke depan dari kegiatan itu dapat memberikan manfaat bagi UMKM yang ada di Jateng, serta dapat meningkatkan perekonomian bagi daerah sekitar.

Sebagai salah satu BUMN, AP I akan selalu berusaha semaksimal mungkin untuk turut serta dalam meningkatkan kondisi sosial masyarakat sekitar, agar keberadaan perusahaan juga dapat dirasakan nilai positifnya oleh masyarakat.

”Ini juga sebagai bentuk peran serta Angkasa Pura I dalam membantu pelaku UMKM bertahan dalam masa pandemi covid-19,” lanjut dia.

Heri Priyono-Riyan