SEMARANG – Obhi Thiessaputra mahasiswa prodi Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Unissula berhasil meraih the best paper award yang diselenggarakan oleh Kyungdong University Korea. Prestasi gemilang tersebut diperoleh pada ajang the 1st International Conference on Smart Computing and Cyber Security yang dilaksanakan secara daring pada tanggal 7-8 Juli 2020.

Paper dengan judul DGA Method Based on Fuzzy for Determination of Transformer Oil Quality merupakan metode baru dalam penentuan kualitas minyak trafo. Metode baru tersebut berguna untuk mengetahui kondisi minyak trafo selama pemakaian. Metode tersebut sangat penting karena akan menjaga transformer terhindar dari ledakan ataupun kegagalan elektris. “Minyak trafo digunakan di trafo atau transformer. Fungsi minyak trafo umumnya untuk mencegah kebocoran arus dan meredam panas” Ungkap mahasiswa asal Kota Palu Sulawesi Tengah tersebut.

Lebih lanjut ia menjelaskan rasa bahagianya “Nggak nyangka bisa dapat best paper all category dalam konferensi internasional yang dilaksanakan oleh Kyungdong University salah satu universitas unggulan di Asia. Senang pastinya, karena dalam proses penelitian banyak sekali kendala. Tapi alhamdulillah semua terbayarkan” ungkapnya.

Ia meraih prestasi tersebut bersama pembimbing Dr Muhamad Haddin dan Dr Sri Arttini Dwi Prasetyowati.