blank
ilustrasi "contact tracing'. Foto: ist

KOTA MUNGKID  (SUARABARU.ID) – Gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Magelang terus mencari (tracing) terhadap orang-orang yang melakukan kontak erat dengan tujuh tambahan pasien terkonfirmasi positif corona dalam beberapa hari terakhir. Sementara hasil swab terhadap 29 orang di Kecamatan Mertoyudan dan Salaman, seluruhnya negatif.

“Syukur alhamdulilah, hasil swab terhadap 29 orang di Kecamatan Mertoyudan dan Salaman, seluruhnya negatif. Sebelumnya, sebanyak 29 orang itu merupakan temuan kontak erat hasil tracing dari petugas kecamatan terhadap tambahan empat pasien positif di Kecamatan Mertoyudan dan seorang tenaga kesehatan di UNS warga Salaman,” kata Kepala Bidang Operasi GTPP Covid-19 Kabupaten Magelang, Retno Indrastuti, Minggu (19/7/2020).

Terkait tujuh tambahan pasien terkonfirmasi positif dua hari terakhir, kata Retno yang juga Kepala Dinas Kesehatan itu, pihaknya bersama petugas puskesmas dan kecamatan, melakukan tracing terhadap warga yang melakukan kontak erat dengan mereka.

“Kami masih menunggu laporan hasil tracing terhadap tambahan tujuh pasien positif dari Kecamatan Muntilan, Salam, Secang, Sawangan, Mertoyudan dan Kecamatan Candimulyo. Setelah ditemukan, kami akan secepatnya melakukan rapid test. Jika ada yang reaktif, akan langsung dilakukan test swab,” jelasnya.

Sementara pada hari ini tidak ada penambahan pasien positif. Sehingga jumlah akumulatif pasien positif di wilayah itu tetap 154 orang. Terdiri dari delapan di rawat dan seorang menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan ketat dari GTPP kabupaten maupun satgas kecamatan serta desa. Kemudian ada 141 sembuh dan empat meninggal.

“Semoga tidak ada tambahan pasien positif lagi. Sedang yang saat ini positif, semoga cepat sembuh,” imbuh Juru Bicara GTPP Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.

Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), hari ini ada satu tambahan baru dari Kecamatan Secang. Meski demikian, ada empat PDP yang sembuh. Mereka berasal dari Kecamatan Mertoyudan, Kajoran, Mungkid dan Kecamatan Tegalrejo. “Untuk PDP, jumlah kumulatifnya ada 318 orang.

Rinciannya, enam dirawat, 272 sembuh dan 40 meninggal. Untuk orang dalam pemantauan (ODP), sebelumnya ada 27 orang. Namun hari ini ada tiga yang lolos pantau. Dengan demikian, saat ini ada 24 yang masih terus dipantau,” ungkapnya.

Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu menandakan jika Virus Corona di Kabupaten Magelang masih ada.

Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi pedoman sebagai persiapan menuju tatanan kenormalan baru.

Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan.

“Hal lainnya, mengonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh,” pungkasnya.
Eko Priyono