blank
Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) antusias mengikuti bintek lewat daring. Foto : hana eswe/ist.

GROBOGAN (SUARABARU.ID)- Tanggal 15 Juli 2020 merupakan waktu dimulainya petugas pemutahiran data pemilih (PPDP) untuk bekerja. Sebanyak 2.971 PPDP ini akan menyambangi rumah warga guna melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.

Sebagai persiapan, seluruh PPK se Kabupaten Grobogan mengikuti bimbingan teknis (bintek) terkait persiapan coklit yang akan dilaksanakan PPDP yang sudah diusulkan PPS kepada PPK. Pelaksanaan bintek ini dilakukan secara daring atau virtual dengan arahan anggota komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Grobogan, M. Machruz.

Menurut Machruz, melalui bintek ini, semua PPK diminta untuk memberikan arahan kepada PPDP terkait tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) yang wajib dilaksanakan dalam coklit nanti.

“Hari ini ada kegiatan persiapan coklit yang akan dilaksanakan PPDP. Oleh karena itu, para PPK se- Kabupaten Grobogan mengikuti bintek yang dilaksanakan secara virtual. Banyak hal yang dibahas dalam bintek ini. Salah satunya tupoksi dari PPDP ini,” jelas Machruz, Minggu (12/7/2020).

Dikatakan Machruz, dengan pemberian arahan mengenai tupoksi PPDP ini, diharapkan PPK dapat menjelaskannya secara detail kepada PPDP. “Penjelasannya dimulai dari jadwal kerja PPDP yaitu tanggal 15 Juli 2020 sampai dengan 13 Agustus 2020. Kemudian, tentang bermacam-macam formulir yang akan dipergunakan untuk coklit nanti. Juga tata cara tentang coklit berikut dengan pengisian formulirnya.”

“Diharapkan dengan adanya bintek ini, semua PPDP dapat bekerja secara cermat, akurat dan akuntabel saat melaksanakan coklit,” tambah Machruz.

Tak hanya itu, pihaknya juga menjelaskan tentang antisipasi sesuatu yang mungkin menjadi penghambat kinerja PPDP. Yakni dengan pelaporan periodik.

Hana Eswe-trs.