blank
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen menganjurkan masyarakat giat berolah raga guna mencegah gelombang kedua ancaman corona.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Seorang warga Kecamatan Kebumen yang baru pulang dari bekerja di Halmahera, Maluku, dinyatakan positif Covid-19. Dengan demikian jumlah kasus baru positif Corona di Kebumen menjadi tujuh orang.

Dua hari sebelumnya,  dua pasien juga terkonfirmasi positif atas nama DRE, perempuan (26), asal Desa Wero, Kecamatan Gombong, pulang  dari Jakarta. Setelah menjalani  rapid test dan swab, yang bersangkutan  dinyatakan positid dan saat ini dirawat di RSUD Dr Soedirman (RSDS) Kebumen.

Bahkan Lapangan Manunggal Gombongi terpaksa disterilisasi sepekan karena berdekatan dengan tempat tinggal keluarga DRE. Satu lagi pasien atas nama AZA (32) , warga Kecamatan Mirit, pulang dari Sumenep juga dinyatakan positif dan saat ini dirawat di RS Permata Medika, Kebumen.

Koordinator Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebuemen  Cokroaminoto dalam rilisnyas menyebutkan,  pekerja sal Maluku itu atas nama FR (28), laki-laki, dinyatakan positif hasil pemeriksaan lab biomolekuler Rumah Sakit Pertamina Cilacap.

Menurut keterangan Cokroaiminoto pada rilis Kamis (9/7) malam, pasien FR tinggal di Kecamatan Kebumen, bekerja di Halmahera Maluku. Karena dinyatakan ada kasus positif di tempat kerjanya, FR lalu dipulangkan ke Kebumen dan disuruh Swab di RS Purbalingga.

FR pulang dari Maluku 09-06-2020 dan tidak ada riwayat pergi keluar Kabupaten Kebumen.  Kecuali pergi untuk Swab di RS Purbalingga. Kondisi FR  termasuk orang tanpa gejala (OTG),  saat ini dirawat dan menjalani isolasi di RSUD dr Soedirman (RSDS) Kebumen.

“Riwayat kontak terakhir FR dengan rekan yang positif Covid-19  anggal 08-06-2020, karena dalam perjalanan pulang, rombongan 5 orang yang menggunakan pesawat carter tersebut, 2 orang diantaranya positif,”jelas Cokroaminoto.

Dengan demikian hingga saat ini pasien positif Covid-19 tdi Kebumen total  ada 45 orang positif, 2 meninggal dunia, 7 orang masih dalam perawatan dan 36 orang telah sembuh. Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP)  total sebanyak 276 orang, 15 orang sedang menjalani pengawasan, 21 orang meninggal tanpa hasil lab, 45 orang selesai pengawasan, dan 195 orang negatif.

Menurut Cokroaminoto,sesuai Surat Edaran Bupati Kebumen nomor 426/1900 tanggal 2 Juli 2020 tentang upaya peningkatan gerakan olahraga  masyarakat dalam rangka pencegahan gelombang kedua pandemi covid-19 Kabupaten Kebumen, diimbau agar masyarakat untuk melakukan gerakan olahraga.  Seperti  jalan sehat  senam, bersepeda dan olahraga lain dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Komper Wardopo