blank
SILATURAHMI: Pengurus PCNU Kabupaten Temanggung saat bersilaturahmi ke Yayasan Al Kautsar Temanggung. Foto: antara

TEMANGGUNG (SUARABARU.ID)– Untuk perkembangan yang lebih maksimal, Yayasan Al Kautsar Temanggung menyerahkan Akademi Keperawatan (Akper) Al Kautsar, Temanggung kepada Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Temanggung, untuk mengelolanya.

Ketua PCNU Kabupaten Temanggung KH M Furqon di Temanggung, Minggu (28/6/2020) mengatakan, PCNU diminta untuk menjalankan manajemen perguruan tinggi itu, agar perkembangan ke depan bisa semakin maksimal.

Serah terima perguruan tinggi itu telah ditandatangani di depan notaris, dan proses alihkelolanya mulai berjalan hingga selesai dalam tiga tahun ke depan.

BACA JUGA : Kedelapan Kali, Pemkab Temanggung Raih Opini WTP

”Pada tahun ini, kami mulai mengelola penerimaan mahasiswa baru dan manajemen pendidikan untuk mahasiswa baru. Secara legalitas telah selesai, tinggal teknisnya. Kami sekarang sedang dalam tahap penerimaan mahasiswa baru,” katanya.

Dalam pengelolaannya, PCNU membentuk tim khusus yang digawangi Yayasan Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (Yaptinu), akademisi dari sejumlah perguruan tinggi, praktisi serta tokoh-tokoh terkait lainnya.

Menurut dia, tim telah merampungkan sejumlah pekerjaan rumah dan tengah konsentrasi pada Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB).

Siapkan Gedung
”Konsentrasi sekarang di PMB, karena sekarang sudah milik PCNU, maka kami imbau kepada warga NU untuk mengarahkan pendidikan anaknya di Akper Al Kautsar, yang minat di bidang kesehatan,” kata pengasuh Pondok Pesantren Al Hidayah, Prapak, Kranggan, Temanggung ini.

Ketua Tim Pengelola Akper Al Kautsar KH Manshur Asnawi menjelaskan, selain manajamen yang sudah ada, pihaknya akan meningkatkan kualitas dengan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak terkait.

Selain itu, pihaknya secara fisik juga telah menyiapkan bangunan di Gedung Babussalam Jalan Suwandi Suwardi, Temanggung, untuk dijadikan lokasi kampus setelah serah terima dilakukan penuh.

Akreditasi B
”Yang lama dan masih bagus, tetap akan kita pertahankan untuk dijadikan ciri khas Akper Al Kautsar. Sementara kita juga menerapkan pola dan metode baru yang lebih efektif. Dengan begitu, maka kami berharap langkah Akper kedepannya akan semakin optimal,” ujar dia.

Pada 2016, Akademi Keperawatan Al Kautsar Temanggung berhasil meraih Akreditasi B dengan nomor 0835/LAM-PTKes/Akr/Dip/X/2016, dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia.

Yayasan Al Kautsar Temanggung kini lebih fokus pada pengelolaan pendidikan dasar, setelah sukses mendirikan TK dan SD Al Kautsar, dan mulai tahun ini mendirikan SMP Al Kautsar.

Ant-Riyan