blank

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unissula angkatan 2018 mengkampanyekan pentingnya menggunakan masker di saat wabah Covid-19. Hal itu dilakukan melalui akun media sosialnya masing-masing yang berlangsung pada tanggal 14-19 Juni 2020.

Platform media sosial yang digunakan dalam kampanye tersebut ialah instagram yang dirasa cukup efektif. Tidak hanya mengkampanyekan pentingnya menggunakan masker namun mahasiswa Ilmu Komunikasi melangsungkan berbagai program untuk membantu Pemerintah dalam mumutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Trimanah SSos MSi, dosen pengampu perkuliahan dan pembimbing dalam proses kampanye menyampaikan program yang akan dilaksanakan dinatara lain: mengkamapanyekan pentingnya menggunakan masker disaat pandemic Covid-19, dimana salah satu bentuk penularan corona virus melalui percikikan ludah (droplet) yang dikeluarkan disaat batuk ataupun bersin. Dengan menggunkan masker dianggap sebagai bentuk meminimalisir penularan Covid-19.

Program lainnya yaitu membuat berbagai konten flyer ataupun poster dan juga berbagai artikel mengenai informasi dan edukasi tentang Covid-19. Serta membagikan masker dan hand sanitizer gratis bersama Gubernur Jawa Tengah dan Dinas Kesehatan Kota Semarang.

“Latar belakang dilakukannya kampanye ini karena masih banyak masyarakat yang belum menaati peraturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Simpang siur berita yang beredar dikalangan masyarkat yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya, dan masih banyak yang belum sadar akan bahanya virus tersebut,” kata Dika Fadila, salah satu mahasiswa Ilkom yang ikut terlibat aktif dalam kampenye tersebut.

(Dika Fadila, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unissula angkatan 2018)