blank
SILATURAHMI: Ketua DPRD Provinsi Jateng, Bambang 'Krebo' Kusriyanto (kiri), bersama para kepala desa se-Kecamatan Ungaran Timur, saat melakukan kegiatan silaturahmi. Foto: dok/ist

UNGARAN (SUARABARU.ID)– Program Jogo Tonggo yang dilaksanakan para kepala desa di Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, mendapat apresiasi dari Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, Bambang ‘Krebo’ Kusriyanto.

Menurut dia, program ini dinilai mampu meringankan beban warga terdampak covid-19, dan bisa meningkatkan empati warga terhadap persoalan yang dihadapi sesama.

”Kegiatan itu sangat bagus, dan saya mengapresiasi pelaksanaan Jogo Tonggo yang dikomandoi para kepala desa ini,” puji Krebo, di sela sela kegiatan silaturahmi dengan kepala desa se-Kecamatan Ungaran Timur, di salah satu kedai Kopi di Leyangan, Ungaran, belum lama ini.

BACA JUGA : Ketua DPRD Jateng Sambut Baik Usulan Keringanan PBB

Menurutnya, dengan Jogo Tonggo warga terdampak covid-19 bisa diperingan bebannya oleh sesama warga lain, yang memiliki tingkat ekonomi lebih baik. Kepedulian ini harus terus dipupuk, agar tercipta kebersamaan di masyarakat dalam menghadapi pandemi seperti sekarang ini.

”Empati terhadap kondisi sesama seperti ini, harus terus dimiliki walau nanti pandemi sudah berakhir. Menurut saya, bagus lagi kalau dilaksanakan di tingkat RT,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua Hamong Projo Kecamatan Ungaran Timur, Yarmuji mengungkapkan, program Jogo Tonggo yang dilaksanakan para kepala desa di Ungaran Timur ini, dilaksanakan dengan berbasis Rukun Warga (RW).

Di tiap RW dibuat satu posko, untuk mengumpulkan kebutuhan warga terdampak, baik logistik seperti sembako maupun alat pelindung diri berupa masker. ”Kami ingin dalam program ini, siapa pun bebas memberi dan membantu,” jelasnya.

blank
BAGI MASKER: Selain melakukan silaturahmi, dalam kesempatan itu juga Bambang Krebo juga membagikan sejumlah masker kain, yang diserahkan secara simbolis kepada perwakilan kepala desa. Foto: dok/ist

Belum Turun
Yarmuji yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Kalongan ini menambahkan, program Jogo Tonggo di Ungaran Timur ini, sangat besar manfaatnya. Ini juga menjadi wujud gotong royong masyarakat, walaupun terdapat juga bantuan sembako dari pemerintah, baik kabupaten, provinsi maupun pusat.

”Kami juga mengalokasikan bantuan sembako yang anggarannya berasal dari Dana Desa. Selain itu, juga masih ada bantuan dari kabupaten, provinsi maupun pusat. Secara data sudah kami kirimkan, tapi sebagian ada yang bantuannya belum turun,” bebernya.

Dalam kegiatan silaturahmi dengan para kepala desa di Kecamatan Ungaran Timur ini, selain membahas penanganan covid-19, juga membahas berbagai macam program pembangunan di masing masing desa.

Pada kesempatan itu, Bambang Kusriyanto juga menyerahkan 1.000 masker kain untuk dibagikan kepada warga yang masih membutuhkan. Hadir pada kesempatan ini Kades Kalongan, Kawengen, Kalikayen, Leyangan dan Mluweh serta Anggota DPRD Kabupaten Semarang dari Fraksi PDI Perjuangan, Hadi Wuryanto.

Riyan