Babinsa Koptu Awaludin (kanan), tampil memprakarsai pelatihan dan pembimbingan budidaya tanaman buah pepaya kepada petani di wilayah desa binaannya.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dalam upaya ikut mendukung swasembada pangan nasional, Babinsa Koramil-22 Slogohimo Kodim 0728 Wonogiri, Koptu Awaludin, tampil memprakarsai pelaksanaan pelatihan budidaya tanaman pepaya (Carica papaya L.).

Pelatihan yang diberikan kepada para petani di wilayah binaannya, meliputi pembimbingan teknis pemberdayaan bibit pepaya, pendederan (penyemaian bibit), penanaman, perawatan, sampai pemanenan. Ini dilakukan di lahan pertanian Dusun Duren, Desa Gunan, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri.

Pepaya atau Betik, adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko Amerika Selatan, yang menyebar luas di seluruh daerah tropis. Nama Pepaya diambil dari Bahasa Belanda Papaja. Dalam Bahasa Jepang disebut Kates.

Selain karena rasanya yang manis dan lezat, buah pepaya juga memiliki beragam manfaat kesehatan. Dari banyak manfaat tersebut, salah satu yang paling terkenal adalah manfaat menjaga kesehatan pencernaan.

Buah pepaya mengandung banyak nutrisi yang menyehatkan tubuh. Juga bermanfaat mencegah aneka penyakit, serta mampu memberikan manfaat pada pencernaan.

Mencegah Kanker
Buah pepaya juga banyak mengandung nutrisi, antioksidan, mencegah kanker, menyehatkan jantung. Di sisi lain, pepaya juga dapat mencegah peradangan, menyehatkan kulit, menyehatkan rambut dan mencegah penyakit asma.

Bagi Koptu Awaludin, kiprahnya tersebut menjadi bagian dari kegiatan untuk melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan warga masyarakat, utamanya dalam mendukung program pemerintah guna ikut serta terwujudnya swasembada pangan.

Koptu Awaludin, menyatakan, Babinsa selaku prajurit TNI yang berada di garda terdepan, harus mampu memberikan tindakan nyata kepada masyarakat, untuk mewujudkan keseriusan insan prajurit dalam membantu pemerintah. Khusunya dalam mendukung terwujudnya program swasembada pangan, serta sebagai kiat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hasil Maksimal
Terkait dengan tindakannya ini, Babinsa Koptu Awaludin, senantiasa siap memberikan bantuan kepada masyarakat yang memerlukannya. Juga siap memberikan bantuan pendampingan terkait dengan budidaya tanaman pepaya atau terhadap komoditas tanaman lainnya.

Baninsa Koptu Awaludin (kanan), memberikan pembimbingan dan teknis pelatihan pada proses penyemaian bibit pepaya kepada petani.

Melalui pembimbingan budidaya pepaya, petani pemilik lahan diharapkan akan mendapatkan hasil panen yang maksimal. ”Harapan kami, dapat memberikan pembimbingan kepada petani, dengan hasil yang memuaskan,” ujarnya.

Hadir dan ikut mendukung kegiatan pembimbingan budidaya tanaman pepaya ini, Kepala Dusun (Kadus) Duren, Desa Gunan, Sumarni, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Heru Ruswanto, Ketua RW 07 Hendro Sayekti, Ketua RT 03/RW 07 Nyamin dan Wakil Ketua RT 02/RW 07, Yato.

Bambang Pur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here