blank
GOSHOP: Pemkot Semarang menggandeng Gojek melalui aplikasi GoShop, agar masyarakat tetap bisa berbelanja kebutuhan pokok di pasar-pasar se-Kota Semarang, tanpa harus keluar rumah. Foto: heri priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sejalan dengan upaya pemerintah untuk memitigasi penyebaran pandemi covid-19, terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri, Gojek berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Semarang, menawarkan solusi belanja bahan pokok secara daring, di pasar-pasar rakyat, dengan menggunakan layanan GoShop.

GoShop merupakan layanan Gojek untuk membeli berbagai kebutuhan dari lokasi manapun, dan telah tersedia di seluruh Indonesia. Dengan layanan ini, pelanggan dapat memenuhi kebutuhannya tanpa perlu ke luar rumah.

Layanan GoShop telah banyak dimanfaatkan masyarakat Jateng dan Yogyakarta, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama menjalankan aktivitas di rumah saja.

BACA JUGA : Ribuan Tenaga Harian Lepas Dapat Bantuan dari Pemkot Semarang

Kini, Gojek dan Pemerintah Kota Semarang mendorong akses pemenuhan kebutuhan masyarakat melalui layanan GoShop di tujuh pasar rakyat.

”Kami mendukung semangat kolaborasi yang dilakukan Pemkot Semarang bersama dengan Gojek. Layanan GoShop mendorong masyarakat untuk belanja secara daring hanya melalui genggaman tangan, dan tidak berkerumun di pasar rakyat,” kata Head of Regional Corporate Affairs Gojek Jateng dan DIY, Arum K Prasodjo, Selasa (19/5/2020).

Ada pun ketujuh pasar yang terintegrasi dengan GoShop yaitu Pasar Peterongan, Pasar Pedurungan, Pasar Karangayu, Pasar Jatingaleh, Pasar Banyumanik, Pasar Gayamsari, dan Pasar Mrican.

Dengan aplikasi ini, menjadi solusi belanja bahan pokok saat masyarakat di rumah, sekaligus mendukung para UMKM pasar rakyat, agar dapat melanjutkan usahanya di saat pandemi.

Namun demikian, bagi mitra driver Gojek yang melakukan interaksi di lapangan, tetap mengikuti protokol terhadap penyebaran pandemi covid-19. Di antaranya dengan cuci tangan dengan sabun dan cairan pencuci tangan (hand sanitizer) di pasar, menerapkan jaga jarak (physical distancing), serta melengkapi diri dengan masker dan alat perlindungan diri lainnya.

blank
Foto: heri priyono

Solusi
”Sebagaimana diketahui, dalam situasi yang penuh tantangan seperti saat ini, Gojek melalui layanan belanja GoShop, juga turut berperan dalam meningkatkan keselamatan. Salah satunya dengan jaga jarak aman untuk meminimalisasi kontak fisik langsung,” imbuh Arum.

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fravarta Sadman menjelaskan, salah satu layanan super app Gojek yaitu GoShop, merupakan solusi untuk mencegah penularan covid-19, dengan mengurangi kerumunan di Pasar.

”Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sudah menjadi kebiasaan masyarakat untuk berbelanja kebutuhan pokok ke pasar-pasar rakyat. Kami kemudian melakukan berbagai inisiatif dan terobosan, sehingga perputaran ekonomi masyarakat tetap berjalan dengan cara yang sehat dan cerdas. Salah satunya bekerja sama dengan Gojek dengan layanan GoShop-nya di tujuh pasar rakyat,” papar Fravarta.

Lebih jauh dia menambahkan, Pemkot Semarang terus mendorong masyarakat untuk berbelanja di pasar-pasar rakyat lainnya di kota Semarang dan sekitarnya, agar denyut kehidupan dan ekonomi masyarakat dapat tetap berjalan. Dan layanan GoShop ini menjadi alternatif solusi, agar masyarakat dapat tetap aman berbelanja dari rumah.

Heri Priyono-Riyan