blank
Petugas kepolisian saat melakukan olah TKP usai tabrakan yang melibatkan Toyota Calya dengan KA Barang jurusan Kampung Bandan-Kalimas. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Sebuah mobil Toyota Calya dengan nopol H 1148 BG tersambar KA Barang 2724 dengan nomor loko CC2061389, pukul 13.08 WIB, Kamis (14/5/2020). Insiden ini terjadi di jalur KA km 25+500 petak jalan antara Tegowanu-Gubug. Hal ini dibenarkan Manajer Humas KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro.

Menurut Krisbiyantoro, pihaknya mendapatkan informasi dari masinis KA Barang jurusan Kampung Bandan-Kalimas tersebut bertabrakan dengan mobil Toyota Calya di petak km 25+500 jalur hulu Tegowanu-Gubug.

“Setelah kejadian, KA berhenti di km 26+500 guna pemeriksaan rangkaian. Namun, pada pukul 13.10 WIB, KA berangkat kembali dari jalur tersebut karena kondisi sarana tidak ada kerusakan,” jelas Kris, Kamis (14/5/2020) malam.

Pihaknya menjelaskan, KA 2724 ini berjalan dari arah barat ke timur. Saat hendak melewati km 25+500, masinis melihat adanya mobil yang tetap melintas di jalur KA dari arah selatan ke utara.

“Masinis pun sudah membunyikan semboyan 35 atau suling lokomotif berulang ulang tanda akan melewati perlintasan. Tetapi, pengendara mobil tidak mendengar dan terjadilah temperan dengan KA tersebut,” jelas Kris, sapaan akrabnya.

Hal senada diungkapkan Kapolsek Tegowanu, AKP Abbas. Pihaknya mengatakan, mobil Calya H 1148 BG ini dikemudikan Eka Nursanti (34), warga Bendan Ngisor, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang.

“Toyota Calya melaju dari arah selatan, Desa Sukorejo ke arah utara yaitu Desa Gebangan. Setelah sampai di perlintasan rel ganda tanpa palang pengemudi Toyota Calya tetap melaju tanpa melihat kanan dan kiri. Pada saat bersamaan melintas Kereta api barang 2724 dengan nomor loko CC2061389 dengan Masinis Suyanto dan asisten Suwandi dari arah barat sehingga tabrakan tidak dapat dihindarkan,” jelas AKP Abbas.

Usai tertabrak, mobil Toyota Calya tersebut terpental sejauh tiga meter. Meski demikian, pengemudi selamat. Hanya terdapat kerusakan material berupa bemper depan mobil tersebut.

Hana Eswe-trs