blank
PATUT DICONTOH: Aksi sosial dengan cara membagi-bagikan sembako bagi warga yang tidak mampu dalam mensyukuri kelulusan sekolah, seperti yang dilakukan siswa-siswi Madrasah Negeri Demak ini, menjadi contoh yang baik. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Aktualisasi kegembiraan siswa-siswi saat merayakan kelulusanya dari kampus Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Demak ini patut ditiru. Sebab, ratusan siswa-siswi itu merayakan kelulusan dengan melakukan aksi sosial berbagi dengan sesama.

Mereka membagikan paket sembako kepada warga kurang mampu dan masyarakat terdampak covid-19. Aksi ini digagas dan dilaksanakan siswa-siswi MAN Demak, dalam mengungkapkan kegembiraan dan rasa syukur atas kelulusan yang mereka peroleh.

Syamsul Arifin, salah satu guru pembimbing menyampaikan, dana yang digunakan untuk membeli sembako seperti beras, gula dan mi instan, bersumber dari mereka sendiri.

BACA JUGA : Ketua DPR Bantu 250 APD untuk DKK Sukoharjo

”Mereka kumpulkan sejak satu tahun atau dari awal masuk di kelas 12 dengan infaq sukarela setiap hari yang mereka kelola. Sehingga uang yang terkumpul dapat dibelikan kurang lebih 100 paket sembako,” kata Syamsul.

Kepala Madrasah H Moh Soef melalui Kasubag TU M Kafilludin saat dihubungi di kantor guru, Selasa (12/5/2020) mengungkapkan, kelulusan murid di madrasahnya mencapai 100% melalui pengumuman secara online, pada awal Mei.

”Untuk kelulusan siswa-siswi kami 100 persen atau sebanyak 418 orang. Pengumumannya sendiri dilakukan melalui online pada tanggal 2 Mei lalu, pukul 17.00 WIB,” terang Kafilludin.

Ditambahkan dia, aksi sosial ini didukung penuh dan direspon dengan sangat baik oleh Kepala Madrasah dan para pendidik yang ada. ”Kepala Madrasah memberikan apresiasi luar biasa atas kegiatan ini. Menurutnya aksi ini merupakan ide dan kegiatan yang perlu dilestarikan, terutama di tengah situasi yang sangat memprihatinkan,” pungkasnya.

Rudy-Riyan