blank
Dua Petugas Perum Bulog saat melakukan pengecekan stok beras di gudang penyimpanan milik Bulog Karangwuni Klaten, Selasa (5/5/2020). Antara

SOLO (SUARABARU.ID)- Perusahaan Umum (Perum) Bulog Kantor Cabang Surakarta, Jawa Tengah, terus melakukan pengadaan pangan dengan menyerap gabah hasil panen petani di Solo Raya, dengan target 2020 sebanyak 38.030 ton setara beras.

Kepala Perum Bulog Kantor Cabang Surakarta Imam Firdaus Jamal, di Solo, Rabu, mengatakan tahun ini Bulog Kantor Cabang Surakarta ditargetkan menyerap hasil panen petani di wilayah Boyolali, Sragen, Klaten, Sukoharjo, dan Karanganyar sebanyak 38.030 ton setara beras.

“Kami sudah melakukan penyerapan gabah petani dengan realisasi hingga awal Mei mencapai 15.314 ton setara beras. Kami optimistis target itu dapat terpenuhi dalam rangka pemenuhan stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) tahun ini,” kata Imam Firdaus Jamal.

Imam mengatakan kegiatan penyerapan tersebut sudah dilakukan sejak Maret 2020. Bulog Surakarta juga telah melakukan komunikasi dengan Dinas Pertanian se-Karesidenan Surakarta, mitra kerja penggilingan gabah/beras dan terjun langsung ke lapangan melalui Satuan Kerja Pengadaan yang sudah dibentuk.

Bulog dalam pembelian gabah atau beras sesuai Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 24 Tahun 2020, dengan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) yang ditetapkan yaitu Rp4.200 per kg untuk Gabah Kering Panen (GKP) di tingkat petani dan Rp4.250 per kg di tingkat penggilingan dengan kualitas kadar air paling tinggi 25 persen dan kadar kotoran paling tinggi 10 persen.

“Harga Gabah Kering Giling (GKG) di tingkat penggilingan Rp5.250/kg dan GKG di gudang Perum Bulog Rp5.300/kg, memiliki kadar air paling tinggi 14 persen dan kadar kotoran paling tinggi 3 persen,” kata Imam.

Dia mengatakan untuk harga beras di gudang Bulog Rp8.300/kg dengan kualitas memiliki kadar air paling tinggi 14 persen, derajat sosoh paling sedikit 95 persen, butir patah paling tinggi 20 persen dan butir menir paling tinggi 2 persen.

Bulog Surakarta hingga kini memiliki stok sebanyak 15.314 ton setara beras yang tersimpan di sembilan gudangnya antara lain berupa gabah, beras baik kualitas medium maupun premium. Stok pangan itu, mampu melayani kebutuhan pangan di Solo Raya hingga enam bulan ke depan.

“Kami selain beras juga memiliki stok minyak goreng dan gula pasir. Barang ini, untuk pengendalian harga di pasar dengan kegiatan operasi pasar,” katanya.

Perum Bulog Kantor Cabang Surakarta membantu Tim TPID, swasta, maupun komunitas-komunitas dalam menyiapkan paket sembako Lebaran atau bantuan sosial dalam penanggulangan pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia saat ini.

“Kami menjual paket sembako dengan harga komoditas sesuai HET yang ditetapkan dan jumlah paket menyesuaikan permintaan serta persediaan yang ada. Paket sembako ini, akan langsung diantar ke titik terdekat sesuai dengan imbauan Pemerintah untuk social distancing,” katanya.

Ant/Muha