blank
Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho SH M Hum didampingi pejabat universitas tengah memimpin Sidang Senat Terbuka dengan Acara Wisuda Sarjana Periode II tahun 2020 yang berlangsung secara daring/ online dari Auditorium kampus setempat, Sabtu (2/5) (Bagus Adji)

SOLO_(SUARABARU.ID)_Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mewisuda 259 sarjana baru lulusan setempat dan 76 orang  atau sekitar 30 persen diantaranya dinyatakan lulus  Cumlaude dalam upacara Wisuda Periode II tahun 2020 .

Upacara wisuda  bagi lulusan Pascasarjana, Pendidikan Dokter Spesialis, Program Sarjana dan Program Diploma III berlangsung dalam Sidang Senat Terbuka secara daring/ online dipimpin Rektor Prof Dr Jamal Wiwoho SH M Hum digelar , Sabtu (2/5)

Wakil Rektor Bidang Akademik UNS, Prof. Ahmad Yunus melaporkan, 259 wisudawan yang diwisuda berasal dari lulusan Program Doktor sembilan orang dan Program Magister 49 wisudawan. Juga diwisuda  sembilan Lulusan Program Pendidikan Dokter Spesialis dan 188 lulusan Program Sarjana dari 11 Fakultas serta empat orang lulusan Program Diploma III sebanyak 4 wisudawan dari tiga fakultas yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis,  Fakultas Teknik serta  Fakultas MIPA. „Pada wisuda  kali ini terdapat 76 wisudawan lulus dengan predikat cumlaude atau dengan pujian . Sejak berdiri hingga  upacara wisuda kali ini , jumlah lulusan UNS sebanyak 187.030 alumni“, jelasnya.

Rektor Prof Dr Jamal Wiwoho SH M Hum dalam amanatnya menandaskan, wisuda periode II Tahun 2020 diselenggarakan berbeda dengan kegiatan sejenis yang pernah digelar UNS selama ini. Sesuai kalender akademik, pelaksanaan Wisuda Periode II dijadwalkan 25 April 2020.

Karena situasi dan kondisi Pandemi Covid-19 maka UNS memutuskan, perubahan jadwal dan tata upacara wisudanya. Tanpa mengurangi keabsahan dan kekhidmatan wisuda, tata upacara perhelatan wisuda UNS periode ll dilaksanakan dengan telekonferensi atau via aplikasi Webex dengan tetap memperhatikan Protokol kesehatan.

Krisis pandemi Covid-19 masih belum menunjukan tanda akan berakhir dalam waktu dekat. Pihaknya  mengajak wisudawan segera melepas toga  beserta atributnya, untuk kemudian hadir langsung ditengah masyarakat terdampak guna melakukan mitigasi melawan pandemi Covid-19.

“Kita tidak boleh menutup mata untuk menaruh perhatian kepada tetangga maupun lingkungan sekitar yang mengalami berbagai kesulitan di saat kondisi krisis saat ini. Sebab, konsekuensi dari menjadi bagian masyarakat adalah bersedia mengambil amanah dan tanggung jawab sosial terhadap mereka,” tandas Rektor.

Secara terpisah dari Humas UNS diperoleh keterangan , dalam upacara wisuda secara daring antara pewisuda dalam hal ini Rektor dan pejabat universitas dengan wisudawan tidak berada di ruangan yang sama.

Pewisuda berada di Gedung Auditorium UNS Surakarta, sementara wisudawan yang mengenakan toga  dan  didampingi orang tuanya  berada di rumah masing masing. Antara wisudawan dan pewisuda terhubung dalam jaringan telekonferensi atau via aplikasi Webex. Perlengkapan wisuda seperti toga ,ijazah  dan buku panduan sudah dikirim  UNS ke masing masing alamat wisudawan beberapa hari sebelum pelaksanaan acara.

Bagus Adji