Sido Muncul Bagikan Ribuan Bantuan bagi Warga Terdampak Covid-19
Komisaris Sido Muncul Sigit Hartojo menyerahkan secara simbolis bantuan dari Sido Muncul kepada Gubernur Akademi Kepolisian Irjen Pol. Drs. Fiandar, Rabu (15/4/2020).

SEMARANG (SUARABARU.ID) – PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul kembali berpartisipasi dalam menghadapi pandemi Covid-19 dengan memberikan bantuan kepada warga terdampak, Rabu (15/4/2020).

 

Bantuan berupa paket produk seperti Tolak Angin, Vit. C1.000, dan Jahe Wangi diberikan kepada Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang. Secara simbolis, bantuan diserahkan oleh Komisaris Sido Muncul Sigit Hartojo kepada Gubernur Akademi Kepolisian Irjen Pol. Drs. Fiandar.

 

Bantuan tersebut merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk membantu tenaga medis dan masyarakat terdampak Covid-19.

 

Pihak perusahaan sendiri telah menyiapkan dana sebesar Rp15 Miliar yang disalurkan dalam bentuk paket produk, paket sembako, uang tunai. Juga diberikan APD berupa Hazmat, Sarung Tangan, Masker, Face Shield, Virus Transport Media (VTM), Rapid Test, Hand Sanitizer, dan Disinfektan.

 

Di hari yang bersamaan, Sido Muncul juga menyerahkan bantuan berupa 1.000 paket sembako untuk warga Bekasi Barat yang diserahkan oleh Brand Ambassador Kuku Bima Energi Donny Kesuma kepada dr. Mardiana B. Kaswan di Perumahan Jaka Permai Bekasi Barat.

 

“Hari ini kami memberikan bantuan dengan total nilai Rp270 juta berupa paket sembako kepada warga di Bekasi Barat, juga paket produk untuk meningkatkan daya tahan tubuh kepada Akademi Kepolisian Semarang,” ujar Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat.

 

Irwan mengatakan, selama pandemi Covid-19, Sido Muncul sudah menyalurkan bantuan langsung kepada para lansia, pengemudi ojek online, supir taxi dan bajaj.

 

Pihaknya juga bekerjasama dengan PMI, BenihBaik.com, IDI, Rumah Perubahan, dan KitaBisa.com. Tak hanya itu saja, dari perusahaan sendiri juga mendistribusikan bantuan langsung ke beberapa rumah sakit.

 

Sebelumnya, Pada 4 April 2020, Sido Muncul menyerahkan bantuan senilai Rp2 Miliar kepada benihbaik.com, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Palang Merah Indonesia (PMI), kitabisa.com, dan pengemudi ojek online dan supir bajaj.

 

Secara simbolis, bantuan diserahkan oleh Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat kepada Founder sekaligus CEO BenihBaik.com Andy F. Noya, Wakil Ketua Umum Pengurus Besar IDI Mohammad Adib Khumaidi, Ketua Bidang Dana dan Prasarana PMI Johnny Darmawan yang mewakili Jusuf Kalla selaku Ketua PMI.

 

Tak hanya itu, mereka juga memberikan paket sembako dan produk Sido Muncul kepada 1.000 pengemudi taxi melalui situs penggalangan dana KitaBisa.com. Sumbangan secara simbolis diserahkan oleh Irwan Hidayat kepada CEO KitaBisa.com Alfatih Timur dan didamping Rhenald Kasali.

 

Pada saat yang sama, Sido Muncul juga memberikan paket sembako dan paket produk berikut serta Hand Sanitizer kepada 300 pengemudi ojek online dan 100 supir bajaj, serta mendistribusikan 500 paket produk ke Gereja Katedral, Jakarta Pusat.

 

Saat ini, Sido Muncul juga tengah menyiapkan APD untuk tenaga medis dan rumah sakit. Sebanyak 300 APD sudah siap didistribusikan. Di samping itu, pihak perusahaan tengah memesan 2.000 APD yang diimpor langsung dari China.

 

Irwan juga menjelaskan sejak awal kemunculan wabah Covid-19, dirinya telah membentuk tim internal Bantuan Covid-19 Sido Muncul untuk berpartisipasi menghadapi Covid-19.

 

“Kami berusaha mendistribusikan sendiri bantuan tersebut karena kami memiliki network yang luas,” katanya.

 

Irwan mengungkapkan, hingga kini banyak pihak yang meminta bantuan kepada dirinya, sehingga mempermudah proses pendistribusian. Sebab, dirinya mengakui, dalam kondisi bencana seperti saat ini yang paling sulit adalah distribusi bantuan.

 

“Ada kemungkinan pihak yang terlewatkan. Nah, yang terlewatkan itulah yang akan kami bantu. Pokoknya yang penting semua pihak harus ikut berpartisipasi. Semua ikut arahan dan aturan pemerintah, stay at home, physical distancing. Kalau semua berpartisipasi, semoga pandemi ini tidak berlarut lama,” tutupnya.