Dukung Mitra Driver, Gojek dan Alfamart Bagikan Paket Sembako

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Gojek bersama Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) membagikan ratusan ribu paket bantuan bahan pokok (sembako) untuk meringankan beban biaya harian mitra driver selama masa sulit pandemi Covid-19.

 

Inisiatif ini merupakan bagian dari 12 Program Kesejahteraan Mitra Driver yang diumumkan Gojek tanggal 31 Maret lalu, dan turut didukung oleh Alfamart bersama konsumen setianya.

 

Paket Sembako Keluarga Mitra dari Gojek dan YABB ini ditujukan untuk 200 ribu mitra driver Gojek. Diberikan dalam bentuk voucher digital senilai @Rp100.000, atau senilai total 20 miliar rupiah.

 

Voucher ini didistribusikan melalui aplikasi mitra driver dan dapat digunakan untuk membeli kebutuhan pokok. Di antaranya seperti beras, gula, minyak goreng dan mie instan di seluruh gerai Alfamart di Indonesia.

 

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo sekaligus Dewan Pembina YABB mengatakan program Paket Sembako Keluarga Mitra ini untuk meringankan beban pengeluaran dan membantu keluarga mitra memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

 

“Program ini kami lakukan dengan dukungan Alfamart, mitra usaha kami yang merupakan perusahaan retail terdepan di Indonesia. Dengan jaringan luas Alfamart se-Indonesia, kami dapat menjangkau ratusan ribu mitra driver kami dengan bantuan yang tepat sasaran,” katanya.

 

Andre menambahkan, prioritas Gojek saat ini adalah membantu mitra driver untuk bisa melewati masa sulit pandemi Covid-19 ini. Gojek melakukan inisiatif yang berfokus pada tiga area utama yang paling berdampak pada keberlangsungan hidup mitra driver. Yaitu menjaga kesehatan dan keselamatan, meringankan beban pengeluaran, serta bantuan pendapatan.

 

“Kami terus melakukan berbagai upaya dari hulu ke hilir guna memastikan mitra kami tetap sehat, aman, dan dapat memenuhi kebutuhan hariannya,” katanya.

 

Selain program sembako Gojek dan YABB, Alfamart sendiri juga memberikan bantuan kepada driver Gojek melalui program Alfamart Melayani Indonesia. Program ini dalam bentuk 30 ribu voucher digital senilai @Rp 50.000 dengan total nilai Rp 1,5 miliar.

 

Corporate Affairs Director Alfamart Solihin mengatakan, bantuan untuk mitra driver Gojek ini merupakan rangkaian program tanggap Alfamart Melayani Indonesia, dalam penanganan pandemi Covid-19.

 

“Mitra driver Gojek adalah salah satu pihak yang terkena imbas dalam kondisi penyebaran wabah seperti sekarang ini. Mayoritas masyarakat harus Work From Home dan menerapkan physical distancing, sehingga berdampak pada penghasilan mereka. Bantuan ini akan disalurkan terhadap driver Gojek yang benar-benar membutuhkan bantuan,” jelas Solihin.

 

Dukungan voucher sembako senilai Rp 1,5 miliar tersebut terdiri dari dana Rp 1 miliar hasil donasi konsumen Alfamart dan dari empat yayasan. Yaitu, BMCI 500 juta rupiah, Lazismu 250 juta rupiah, NU Care-LazisNu 150 juta rupiah dan Mizan Amanah 100 juta rupiah. Sementara tambahan 500 juta rupiah merupakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) Alfamart.

 

Alfamart juga menjalankan berbagai inisiatif untuk membantu masyarakat menanggulangi dampak pandemi COVID-19. Alfamart telah menyalurkan paket bantuan nutrisi dan vitamin untuk paramedis di 50 Rumah Sakit rujukan penanganan COVID-19.

 

Alfamart juga melakukan penyemprotan desinfektan di lebih dari 100 titik fasilitas umum serta pemberian hand sanitizer dan peralatan kesehatan lainnya.