Cegah Covid-19, Pekerja Pertamina Bantu Masyarakat di Ring 1
Serikat Pekerja Pertamina Persada IV memberikan bantuan fasilitas cuci tangan pakai sabun (FCTPS) kepada lapisan masyarakat di Ring 1 sebagai bentuk pencegahan penyebaran Virus Corona, Senin (13/4/2020).

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat di wilayah operasionalnya, para pekerja PT Pertamina yang berada di wilayah Marketing Operation Region (MOR) IV memberikan bantuan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

 

Para pekerja Pertamina berinisiatif untuk menghimpun dana dan mendistribusikan paket Alat Pelindung Diri (APD), fasilitas cuci tangan pakai sabun (FCTPS). Mereka juga memberikan paket kesehatan lainnya kepada warga masyarakat yang berada di ring 1 perusahaan.

 

Hal ini seperti yang diungkapkan perwakilan pekerja Pertamina yaitu Ketua Serikat Pekerja Pertamina Persada IV, Datuk Fachrul Razy, Senin (13/4/2020).

 

Dia mengungkapkan, keprihatinan pekerja Pertamina terhadap situasi penyebaran virus Covid-19 membuat seluruh pekerja berinisiatif untuk menyumbangkan dana pribadinya membantu masyarakat.

 

“Hal ini kami lakukan sebagai bentuk tanggung jawab sosial kami. Ini juga sekaligus untuk meningkatkan semangat kita bersama agar musibah ini cepat terlewati,” ujar Fachrul.

 

Pekerja Pertamina di wilayah MOR IV sejauh ini telah mendistribusikan sebanyak 14 unit FCTPS. Selain itu memberikan uang tunai Rp 25 juta serta 100 paket hand sanitizer, disinfektan dan masker kepada masyarakat terdampak.

 

Selain itu, tim Culture Change Agent (CCA) juga memberikan 150 paket APD untuk tenaga medis di RSUP Dr.Kariadi, Kota Semarang.

 

“Saat ini pekerja kami masih terus menghimpun dana dan dalam waktu dekat akan mendistribusikan kembali bantuan-bantuan tersebut. Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan dan menjaga jarak sosial serta fisik untuk sementara waktu,” tambah Fachrul.

 

Sementara itu, para pekerja di unit operasi Fuel Terminal di seluruh Jateng juga melakukan hal yang sama. Seperti yang berada di Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap memberikan bantuan kepada masyarakat. Bantuannya berupa 300 masker, 20 liter hand sanitizer, 15 paket APD, 3 tangki semprot disinfektan dan 2 unit FCTPS.

 

Pertamina Fuel Terminal Manager Maos, Sonny Besar Indra, yang didampingi perwakilan Serikat Pekerja Pertamina Persada IV, Danang Agung Saputra, mengatakan bahwa bantuan tersebut diberikan kepada desa yang berada di wilayah ring 1 perusahaan.

 

“Bantuan tersebut diberikan sebagai upaya kami bersama seluruh perangkat pemerintahan daerah untuk mengurangi penyebaran Covid-19 ini,” ujar Sonny.

 

Pertamina melalui MOR IV di Jawa Tengah akan terus berkoordinasi dan bekerjasama dengan seluruh pihak dalam upaya mengurangi penyebaran virus covid-19 di Jawa Tengah.

 

Saat ini Pertamina MOR IV melayani penyaluran BBM melalui 770 SPBU serta LPG melalui 529 Agen dan 45.000 pangkalan (LPG PSO dan NPSO) yang tersebar di seluruh Jawa Tengah.

 

Sebagai Badan Usaha Milik Negara, PT Pertamina (Persero) senantiasa akan memberikan informasi terkait penyaluran BBM, LPG, petrokimia serta produk Pertamina lainnya melalui berbagai platform media digital maupun konvensional.