blank
BAGI MASKER: Petugas Polsek Kunduran menyerahkan sejumlah masker ke perangkat desa, untuk dibagikan kepada warga, pada acara peresmian Kampung Siaga Covid-19. Foto: wahono

BLORA (SUARABARU.ID)– Pemerintah Desa Jagong, Kecamatan Kunduran, Blora, punya cara tepat untuk mengantisipasi penularan Covid-19, saat warganya banyak yang mudik ke kampung halamannya.

Dengan dibantu warga setempat, pada Senin (13/4/2020), mereka membentuk Kampung Siaga Covid-19. Peresmian Kampung Siaga Covid-19 ini, digelar di balai desa setempat, dihadiri Kapolsek Kunduran Iptu Lilik Eko Sukaryono bersama Bhabinkamtibmas, perangkat desa dan tokoh-tokoh masyarakat lainnya.

BACA JUGA : Dengan Kereta Kelinci, Bhabinkamtibmas Todanan Blora Bagikan Masker

Dalam acara itu, Kapolsek Kunduran menyerahkan bantuan berupa masker kepada pihak desa, agar dibagikan kepada warga. Iptu Lilik Eko mengatakan, pencanangan kampung siaga di Desa Jagong, merupakan salah satu upaya bersama untuk mengantisipasi virus Corona.

Maka dengan adanya kampung siaga ini, diharapkan dapat menjaga wilayah Blora tetap steril dari wabah ini, dan masyarakat aman dari Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Kapolsek Lilik Eko menerangkan, Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), diharapkan bisa dipatuhi masyarakat.

“Karena ini sebagai upaya pencegahan Covid-19, warga dengan diminta tetap tinggal di rumah dan jangan ada kumpul-kumpul dulu,” pesannya.

Ingatkan Warga

Selain itu, warga diharuskan selalu menggunakan masker, sedangkan kebiasaan salaman diganti dengan menundukkan kepala, selalu jaga kesehatan, berolahraga termasuk biasakan cuci tangan.

”Kami berharap, semua kegiatan antisipasi yang telah dilakukan semua pihak ini, dapat mencegah Covid-19 di Blora,” tambah Kapolsek Kunduran.

Sementara itu Dwi Haryono, Kepala Desa Jagong mengapresiasi langkah Polsek yang bersinergi dengan Koramil dan Puskesmas Kunduran, selalu mengingatkan warga agar disiplin dalam mematuhi kebijakan pemerintah, terkait pencegahan Covid-19.

”Terima kasih kepada Polsek, Koramil Kunduran dan semua pihak yang mendukung pembentukan Kampung Siaga Corona ini,” ungkap Dwi.

Ditambahkan Dwi, langkah-langkah pencegahan virus corona ini dilakukan, untuk kebaikan bersama. ”Karena hal inilah, maka semua warga harus mematuhinya,” imbuhnya.

Wahono-Riyan