blank
Wakil Ketua DPRD Wonosobo Agus Riyadi menyerahkan APD untuk tim medis di Puskesmas 1 Wadaslintang. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Puskesmas 1 Wadaslintang Wonosobo masih kekurangan dan butuh disuplai alat pelindung diri (APD) berupa masker, hand sanitizer dan hazmart untuk tenaga medis.

Kekurangan APD bagi tim medis terungkap saat Wakil Ketua DPRD Wonosobo Agus Riyadi dan rombongan melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Puskesmas 1 Wadaslintang.

Selain dihadiri pimpinan DPRD, sidak juga diikuti sejumlah wakil rakyat dari lintas komisi dan fraksi di DPRD Wonosobo. Sidak dilakukan untuk mensuport dan memantau tim medis dalam menangani pasien Covid-19.

Dari Wadaslintang ada 2 warga yang masuk pasien dalam pengawasan (PDP) dan kini tengah dirawat intensif di RSUD KRT Soetjonegoro. Dua PDP tersebut sebelumnya punya riwayat perjalanan dari daerah terjangkit, yakni Jakarta.

Tetap Semangat

blank
Kepala Puskesmas 1 Wadaslintang Setiasih sedang dialog dengan sejumlah anggota DPRD Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

Wakil Ketua DPRD Wonosobo Agus Riyadi yang berasal dari Cangkring Wadaslintang memotivasi tenaga medis yang bertugas di Puskesmas 1 Wadaslintang untuk tetap tenang dan semangat dalam menjalankan tugas sesuai profesinya.

“Masalah kekurangan dan kebutuhan APD bagi tim medis, insya Allah bisa segera teratasi. Sebab, saat ini, Pemkab Wonosobo tengah memesan sejumlah APD dan segera didistribusikan ke Puskesmas dan rumah sakit yang ada,” katanya.

Di sela-sela melakukan sidak, anggota DPRD Wonosobo juga menyerahkan sejumlah APD berupa masker dan hand sanitizer. APD tersebut dibeli dari dana patungan wakil rakyat yang ada di DPRD Wonosobo.

Kepala Puskesmas 1 Wadaslintang Setiasih melaporkan ada 43 ODP dan 2 PDP yang berasal daerah yang bebatasan dengan wilayah Kebumen itu. Di Puskesmas Rawat Inap tersebut ada 26 tenaga medis, terdiri dokter (1), Perawat (9) dan Bidan (16).

Muharno Zarka-Wahyu