blank
Keterangan Foto : Kaum diffabel di Wonosobo menyerahkan bantuan ke warga yang membutuhkan. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID)-Ikatan Disabilitas Wonosobo (IDW) membagikan masker dan paket sembako kepada warga yang membutuhkan di masa pandemi virus Corona atau Covid-19 di Pasar Induk Wonosobo, Pasar Kertek dan warga yang sedang berada di pinggir-pinggir jalan di Wonosobo.

“Teman-teman difabel berharap bisa memberikan pesan kepada masyarakat. Kalau terpaksa tetap beraktivitas, harus sesuai anjuran pemerintah, salah satunya mengenakan masker,” ujar Ketua IDW Saiful Rohman, Kamis (9/4).

Sebanyak 1.000 masker kain ini merupakan hasil donasi dari anggota IDW. Dari hasil yang terkumpul, salah satu anggota menjahit masker ini selama seminggu.

“Dana dikumpulkan mandiri, ada yang bisa menyumbang tenaga dengan menjahit. Memang butuh waktu lama, sekitar satu minggu,” kata dia.

Paket Sembako

blank
Ikatan Diffabel Wonosobo (IDW) berkolaborasi dengan TNI-Polri bagi masker ke masyarakat. Foto : SB/Muharno Zarka

Selain 1.000 masker, mereka juga membagikan 70 paket sembako kepada masyarakat, terutama yang tidak mampu. Sebab, banyak masyarakat yang saat ini sudah mulai terdampak secara ekonomi akibat pandemi virus Corona.

“IDW ingin membantu sesama. Selain itu, untuk edukasi, dengan keterbatasan bukan berarti mematikan rasa kemanusiaan. Jangan sampai dengan physical distancing malah menutup rasa kepedulian sesama. Jangan seperti itu, semua harus tetap bersama, tolong-menolong,” tuturnya.

Selain kegiatan ini, IDW akan melakukan kegiatan sosial. Nantinya, sasarannya adalah panti asuhan. Sebab, dikhawatirkan, dengan kondisi ekonomi saat ini, banyak donatur panti asuhan yang terdampak.

“Kegiatan ini akan terus diagendakan sampai bulan ramadan, sasarannya adalah panti asuhan di Wonosobo. Dalam kondisi seperti ini masyarakat harus bersama-sama bergerak,” ujarnya.

Muharno Zarka-Wahyu