blank
DICOBA: Bilik Antiseptik bantuan dari Ikatan Alumni Lemhanas (Ikal) Jawa Tengah, saat diuji coba. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Bantuan berupa Bilik Antiseptik dari Ikatan Alumni Lemhanas (Ikal) Jawa Tengah, diterima Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Rabu (8/4/2020). Bilik Antiseptik ini digunakan sebagai kelengkapan pencegahan dan penyebaran Covid-19.

Penyerahan dilakukan oleh Koordinator Ikal Jateng David Maharya Ardyantara ST MH, kepada Sekretaris Pelaksana Pengelola MAJT Drs KH Muhyiddin MAg, di Aula Kantor PP MAJT.

BACA JUGA : Forum TJLSP Bantu Sembako Kepada 19 ODP yang Melakukan Isolasi Mandiri

Ketua PP MAJT, Prof Dr KH Noor Achmad MA melalui Drs KH Muhyiddin MAg menyampaikan apresiasinya kepada Ika Lemhannas, yang telah peduli dalam pencegahan dan penyebaran Covid-19 melalui MAJT.

”Kami berharap, Bilik Antiseptik ini bisa bermanfaat bagi jamaah yang akan melaksanakan shalat di MAJT. Walaupun dalam waktu dekat ini, kami selaku pengurus masjid belum bisa melaksanakan kegiatan shalat berjamaah, baik Shalat Rawatib (lima waktu) dan Shalat Jumat,” ungkap Prof Dr KH Noor Achmad MA melalui sekretaris.

Daun Sirih
Sementara itu, Koordinator IKAL Jateng David Maharya Ardyantara ST MH menegaskan, bantuan ini menggunakan bahan yang tidak berbahaya bagi manusia, karena bahan yang digunakan adalah antiseptik. Bahan antiseptik ini juga bisa diganti dengan bahan alami, seperti ekstrak daun sirih atau pun bahan lainnya.

Pendistribusian Bilik Antiseptik ini juga telah dilaksanakan di Kabupaten Magelang, dan juga beberapa masjid di Kota semarang, seperti masjid di kampus Undip, Masjid Raya Baiturrahman Semarang, maupun masjid-masjid lainnya.

”Khusus MAJT kami berencana akan menambah bilik ini, karena melihat banyaknya akses masuk ke dalam masjid,” ungkap David.

Riyan-Sol