blank
KETERANGAN : Walikota Salatiga Yuliyanto saat memberikan keterangan kepada wartawan di Rumah Dinas Walikota, Senin (7/4) lalu. Foto : Ernawaty

SALATIGA – Wali Kota Salatiga Yuliyanto menyebutkan, jika pasien terpapar Corona Virus atau Covid-19 di Kota Salatiga kini bertambah 1 orang, Selasa (7/4). Kepada wartawan, Yulianto menerangkan, pasien terbaru ini adalah (pasien) ODP yang punya riwayat dengan PDP positif sebelumnya.

“Ya, satu yang positif baru adalah ODP yang punya riwayat dengan PDP positif sebelumnya,” kata Wali Kota Yuliyanto, Selasa (7/4) malam.

Sebagai informasi, pasien positif Covid-19 teranyar ini berinisial D dengan usia 38 tahun dinyatakan positif.

Dengan kata lain, lanjut dia, status PDP Covid-19 disandang Mr D setelah sebelumnya tim medis Pemkot Salatiga melakukan tracking terdapat yang bersangkutan. Mr D ini “mendapatkan” status positif ini dari kasus PDP pertama Salatiga yakni seorang dosen UKSW sepulang dari Amerika.

Wali Kota membenarkan jika Mr D adalah orang dekat Dosen UKSW yang dinyatakan sebagai pasien positif Covid-19 pertama Salatiga dan kini masih dirawat di RS Kariadi Semarang.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga dr Zuraidah MKes juga membenarkan jika pasien positif Covid-19 per tanggal 7 April 2020 bertambah menjadi satu orang. “Mr. D, laki-laki dewasa usia 38 tahun. (Diketahui) per tanggal 7 April hasil Laboratorium hari ini,” sebut Zuraidah.

Ditambahkannya, Mr D ini masuk RS sejak tanggal 2 April 2020. “Kontak dengan covid-19 positif kasus pertama,” tegasnya.

Sebelumnya, dr Zuraidah menerangkan dua warga Salatiga masuk dalam kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP) meninggal dunia. Kedua orang itu warga yang sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) meninggal dunia, Minggu (5/4) lalu.

Sedangkan, pasien pertama menjalani perawatan di Rumah Sakit Paru Ario Wirawan (RSPAW) Salatiga. “Kedua PDP ini sebelumnya memiliki penyakit penyerta jantung, paru, dan diabetes,” pungkasnya.

Nena-trs