blank

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Civitas akademika Univesitas Sains Al Quran (Unsiq) Jawa Tengah di Wonosobo, menyumbangkan sejumlah alat pelindung diri (APD) dan multivitamin kepada tim medis yang menangani pasien Corona yang ada di 3 rumah sakit di Wonosobo.

Saat ini, sejumlah orang dalam pemantauan (OPD) dan pasien dalam pengawasan (PDP) dirawat di RS PKU Muhammadiyah, Rumah Sakit Islam (RSI) dan satu pasien positif Corona berada RSUD KRT Soetjonegoro Wonosobo, dibawah penanganan intensif tim medis yang ada.

Kepala Bagian Humas dan Kerjasama Unsiq Jateng di Wonosobo, Ali Muktafi, Jumat (3/4), mengatakan pemberian bantuan APD dan multivitamin bagi tim medis yang tengah menangani pasien Covid-19, merupakan bentuk kepedulian dan wujud tri dharma perguruan tinggi.

“Perjuangan dan pengabdian tim medis yang merawat pasien Corona sangat luar biasa. Mereka menjalankan tugas profesi sekaligus misi kemanusiaan. Tugas mulia tersebut harus didukung semua pihak, termasuk oleh keluarga besar Unsiq Jateng di Wonosobo,” tegasnya.

Demi kesembuhan pasien Corona, imbuhnya, tim medis senantiasa siap siaga 24 jam mengerahkan segala pikiran, tenaga, waktu dan nyawa sekalipun. Sebagai garda terdepan dalam penanganan pasien Covid-19, tim medis sangat beresiko tertular virus Corona dari pasien.

Suport Moral

blank
Tim Medis Klinik Kesehatan Unsiq Nurussyifa di Kalibeber Mojotengah Wonosobo ketika melakukan pemeriksaan suhu tubuh pada pasien. Foto : SB/Muharno Zarka

Pihaknya berharap bantun APD dan multivitamin dari berbagai pihak, termasuk dari Unsiq Jateng di Wonosobo, mudah-mudahan bisa menjadi alat pelindung diri bagi tenaga kesehatan agar aman dari penularan dan penyebaran virus Corona dari pasien yang dirawat di rumah sakit.

“Tim medis yang merawat pasien Corona harus selalu dalam kondisi sehat baik secara fisik, psikis maupun spiritual. Suport moral dan spiritual selalu dipanjatkan semua kalangan demi keselamatan dan keamanan tenaga kesehatan. Pandemi global Covid-19 ini juga semoga segera berlalu, masyarakat sehat dan aman,” doanya.

Guna memberi pelayanan kesehatan masyarakat, tambahnya, Klinik Kesehatan Unsiq Nurussyifa di Kalibeber Mojotengah Wonosobo tetap buka. Jam pelayanan buka tiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga jam 13.30 WIB. Khusus hari Jumat-Sabtu buka sampai jam 12.00 WIB.

“Tidak hanya melayani keluarga besar Unsiq Jateng di Wonosobo, Klinik Kesehatan Nurussyifa juga terbuka untuk umum bagi masyarakat di sekitar kampus yang ingin melakukan scrineng dan pemeriksaan kesehatan,” katanya.

Dalam melakukan pemeriksaan kesehatan, semua tim medis di Klinik Kesehatan Unsiq Nuryssyifa menggunakan alat pelindung diri berupa masker dan sarung tangan. Warga yang melakukan pemeriksaan kesehatan juga akan diberi masker dan multi vitamin secara cuma-cuma.

Muharno Zarka-Wahyu