blank
LIVERPOOL VS CITY: Bek Liverpool Virgil van Dijk (kiri) menjaga striker Manchester City Gabriel Jesus dalam laga Liga Primer Inggris musim 2019-2020. (dok)

NYON (SUARABARU.ID) – Presiden Uni Sepak Bola Eropa (UEFA) Aleksander Ceferin tetap konsisten untuk menyelesaikan kompetisi musim 2019-2020. Demi itu, pihaknya menyiapkan sejumlah opsi. Dia juga menyatakan musim ini bisa saja ”hilang” jika tak dimulai kembali pada akhir Juni.

Mantan advokat ini tidak menutup kemungkinan adanya perpanjangan kompetisi musim depan. Dia menegaskan ada sejumlah opsi untuk menyelesaikan musim ini. Liga-liga di Eropa terpaksa dihentikan karena pandemi virus korona.

“Ada plan A, B dan C. Tiga opsi ini mulai kembali pada pertengahan Mei, Juni atau akhir Juni. Jika kita tidak berhasil, maka musim ini kemungkinan hilang,” ujar Ceferin. Dia lalu menambahkan, “Ada juga kemungkinan dimulai lagi musim depan, diawali setelah yang satu diadakan. Kami akan melihat solusi terbaik untuk liga-liga dan klub-klub.”

Ceferin menempatkan penuntasan liga domestik sebagai prioritasnya sekalipun itu mengartikan pertandingan digelar tanpa penonton. UEFA siap melakukan apa pun demi menuntaskan musim ini. Dia enggan menghentikan kompetisi, lalu menunjuk juara dari klub yang menduduki posisi pertama.

“Berat bagi saya membayangkan semua pertandingan dimainkan dalam pintu tertutup, tetapi kami masih tak tahu kapan akan lanjut lagi. Dengan atau tanpa penonton,” ungkapnya. “Jika tidak ada alternatif, maka lebih baik menyelesaikan kompetisi dengan segala cara. Yang jelas, saya tak ingin final kompetisi-kompetisi klub Eropa dimainkan dengan pintu tertutup,” paparnya. (rr)