blank
Gianni Infantino/dok

ZURICH (SUARABARU.ID) – Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) berencana memperpanjang bursa transfer musim panas ini hingga akhir Desember. Itu dilakukan untuk mengantisipasi molornya liga karena pandemi viru corona. Wabah corona menyebar begitu cepat hampir di seluruh penjuru dunia.

Pandemi itu membuat liga-liga di Eropa harus ditangguhkan hingga awal Mei untuk meminimalisasi penularan Covid-19. Kendati begitu, kepastian liga akan kembali bergulir masih simpang siur. Sebab, beberapa negara di Eropa terdampak virus corona.

Jadwal liga diperkirakan bakal molor lagi. Masalah transfer dan kontrak pemain berpeluang menyeruak gara-gara hal ini. Kompetisi liga-liga di Eropa musim ini belum tentu berakhir ketika bursa transfer musim panas dibuka pada 1 Juni. Untuk mengantisipasi situasi ini, FIFA siap memperpanjang penutupan transfer.

FIFA ingin bursa transfer musim panas yang biasanya berakhir awal September diperpanjang hingga akhir Desember. Itu juga berlaku terhadap kontrak pemain. Pemain yang kontraknya di klub berakhir Juni ini diwajibkan tetap bersama klub mereka hingga kompetisi musim ini berakhir.

Ketua FIFA Gianni Infantino tengah menyusun langkah agar tak ada klub yang harus kehilangan pemain sebelum liga benar-benar tuntas. FIFA akan berdiskusi dengan Uni Sepak Bola Eropa (UEFA) untuk memastikan hal ini teratasi dengan baik. (rr)