blank
Gary Neville/dok

LONDON (SUARABARU.ID) – Persatuan Sepak Bola Inggris (FA), Premier League dan English Football League (EFL) sedang menggodok rencana untuk menyelesaikan musim 2019-2020 mulai Juli mendatang. Liga Inggris bisa mulai lagi pada Juli dan harus selesai dalam empat hingga enam pekan. Pergelaran Liga Inggris musim 2019-2020 ditangguhkan karena wabah virus korona.

Penangguhan dimulai 11 Maret sampai 30 April. Itu berarti sama dengan menunda sekitar tujuh pekan pertandingan Liga Inggris. Rencana penyelesaian Liga Inggris selama empat hingga enam minggu mulai Juli bisa terlaksana jika pandemi korona tidak semakin memburuk.

Liga Inggris menyisakan sembilan pekan hingga 10 pekan karena rata-rata tim sudah menyelesaikan 29 laga. Seluruh pertandingan direncanakan dilangsungkan dengan tertutup alias tanpa penonton. Namun, hal itu akan menimbulkan masalah bagi pemain yang habis kontraknya pada Juni.

Beberapa pemain seperti Willian, David Silva, Jan Vertonghen, Olivier Giroud, dan Adam Lallana kontraknya habis pada Juni. Legenda Manchester United Gary Neville memberikan saran kepada otoritas sepak bola Inggris untuk mengizinkan perpanjangan secara temporer buat pemain yang kontraknya habis pada Juni. Dia juga meminta otoritas memberikan paket bantuan keuangan untuk klub yang membutuhkan. (rr)