Tuk Uleng Selesai, Warga Sibuton Nikmati Air Bersih

547
0
blank
SIAP DIOPERASIKAN - Bangunan fisik proyek Tuk Uleng yang telah selesai penggarapannya, dan siap memenuhi kebutuhan air bersih ribuan warga Brebes Selatan.

BREBES (SUARABARU.ID) – Warga di Kecamatan Sirampog, Bumiayu dan Tonjong (Sibuton) kini merasa lega, karena kebutuhan air bersih untuk keperluan sehari-hari bisa terpenuhi. Pasalnya, pelaksanaan pekerjaan pembangunan proyek Tuk Uleng tahap 1 dan 2 telah selesai.

“Namun proyek akan dilanjutkan ke tahap berikutnya hingga tahun 2021. Kelanjutan proyek ini untuk memenuhi semua kebutuhan pelanggan dalam jangkauan enam kecamatan di Kabupaten Brebes bagian selatan,” ujar Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Baribis melalui Kabag Humas H Muflikhin ST di ruang kerjanya, Kamis (27/2).

Dikatakan Muflikhin, proyek pembangunan Tuk Uleng yang merupakan rangkaian pekerjaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) IKK Bumiayu. Sebagai penanggungjawab, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana dengan kapasitas 200 liter/detik.

Pekerjaan Tuk Uleng tahap 1 dan 2 tersebut sudah bisa dimanfaatkan dan akan dilanjutkan pekerjaan proyek pada tahap 3 dengan pendistribusian bagi ribuan pelanggan. ”Sumber mata air Tuk Uleng dengan debit 200 liter per detik nantinya mampu mensuplai 16 ribu pelanggan di wilayah selatan tanpa ada sistem bergilir,” ujarnya.

Adapun untuk pelaksanaan proyek Tuk Uleng tahap 3 sebagai penanggungjawab pekerjaan adalah Balai Perencanaan Perlengkapan Permukiman Wilayah (BPPW), dan rencananya akan membangun dua buah recervoir dengan kapasitas 1000 meter kubik, yang akan dipasang di Dukuh Bayur, Desa Dukuhturi dan Laren.

Yekti Sholichati