blank
Penyerahan tropy kepada para juara. ( Foto : Dedy Setyawan)

JEPARA (SUARABARU.ID) Sebanyak 74 siswa-siswi dari 37 SD di satuan kerja Koordinator Satkordikcam Batealit mengikuti seleksi Kompetisi Sains Nasional (KSN) tahun 2020.

Acara yang berlangsung  di SD N 1 Mindahan Batealit Selasa (11/02/2020) tersebut dibuka oleh Koordinator Satkordikcam Batealit Suyanto, SE.

blankMenurut  Ketua Panitia KSN Kecamatan Batealit Ulil Albab, M.Pd. tujuan kegiatan ini adalah untuk  pengembangan bakat dan prestasi siswa dalam bidang mata pelajaran matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Sedangkan tujuan khususnya untuk menseleksi wakil dari Kecamatan Batealit untuk mengikuti KSN Tingkat Kabupaten Jepara  yang akan  diselenggarakan pada 27 Feb 2020 mendatang.

Sementara itu Koordinator Satkordikcam Batealit Suyanto, SE mengungkapkan di era teknologi yang berkembang pesat ini, tidak ada alternative lain bagi sekolah kecuali mempersiapkan sumber daya manusia yang berkarakter,  bermutu dan memiliki daya saing. “Basis dasar pembentukannya adalah sejak masuk jenjang SD,” ujarnya.

Karena itu  Kompetisi Sains Nasional  merupakan salah satu wadah pembelajaran yang  strategis untuk mengembangkan daya nalar dan  kemampuan siswa dalam  memecahkan berbagai masalah. Disamping itu juga melatih karakter yang memiliki semangat,  jujur dan sportifitas.

blank
Para juara yang akan mewakili Kecamatan Batealit dalam KSN Tingkat Kabupaten. ( Foto : Dedy Setyawan)

Dijelaskan juga oleh Suyatno, kegiatan KSN ini juga sebagai wahana bagi peserta didik khususnya di tingkat sekolah dasar untuk meningkatkan bakat dan minat di bidang matematika dan IPA.

“Disamping itu juga untuk memberikan motivasi siswa  untuk meningkatkan kemampuan kecerdasannya. Juga untuk memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas guru pada bidang sains hingga dapat memberikan pembelajaran yang maksimal,” ujarnya

Pada seleksi KSN tingkat kecamatan Batealit kali ini diambil tiga peserta terbik dari masing-masing mmata pelajaran  baik matematika maupun  IPA.  Selanjutnya mereka akan  mengikuti KSN tingkat Kabupaten yang dilaksanakan pada akhir februari mendatang.

Adapun  siswa yang melaju ke tingkat kabupaten untuk mapel Matematika adalah Iin Rahma dari SDN 2 Geneng, Nanda Ayuni SDN 3 Somosari dan Veliana Alvi SDN 5 Mindahan. Sedangkan untuk Mapel IPA Najwa Shafaa Zahira dari SDN 4 Bawu, Nindy Ataya Nasywa SDN 3 Ngasem dan Zahra Alifa Cahyani SDN 3 Bawu.

Hadi Priyanto