Bupati Wonogiri Menyerahkan SK Pengangkatan 396 PNS
Para PNS baru, menandatangani berita acara pengambilan sumpah dan janji. Ini mereka lalukan dalam upacara pengangkatannya menjadi PNS di Pendapa Kabupaten Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Sebanyak 396 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi Tahun 2018 di lingkungan Pemkab Wonogiri, Selasa (4/2), menerima Surat Keputusan (SK) pengangkatan sebagai PNS dari Bupati Wonogiri Joko Sutopo. Acara penyerahan SK PNS tersebut, dilaksanakan dalam upacara yang digelar di pendapa rumah dinas bupati.

Acara penyerahan SK PNS itu, dilaksanakan bersamaan dengan pengambilan sumpah janji PNS dan pelantikan pejabat fungsional. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Wonogiri, Drs Haryono MM, menyatakan, pada hari ini ada tiga agenda yang digelar sekaligus. Yakni penyerahan SK PNS sekaligus mengikuti pengucapan sumpah janji, juga dilakukan pengambilan sumpah janji terhadap 37 PNS yang belum mengikuti sumpah janji. Berikut, pelantikan sebanyak 115 tenaga kesehatan dalam jabatan fungsional.

Wakil Bupati (Wabup) Wonogiri Edy Santosa SH, menegaskan, pengangkatan CPNS menjadi PNS, tidak serta merta. Sebab untuk lulus jadi PNS, harus memenuhi banyak persyaratan. Selain lulus pendidikan dan pelatihan, juga harus sehat jasmani dan rohani. Itu semua, merupakan rangkaian proses perjalanan panjang. ”Tibalah waktunya sekarang kalian bahagia,” kata Wabup Edy Santosa. sembari mengingatkan agar setelah dilantik menjadi PNS, jangan sampai lupa terhadap janji yang diucapkan.

Disiplin Berintegritas
Bupati Wonogiri, Joko Sutopo dalam sambutannya, menyebutkan, status PNS adalah jabatan ‘seksi’ di masyarakat. Banyak masyarakat yang ingin menjadi PNS. Berbicara PNS, itu menyangkut konsekuensi terhadap sikap kepatuhan, disiplin dan integritas. Proses panjang dari CPNS menjadi PNS, adalah bagian proses seleksi apakah berintegritas atau tidak. ”Mulai saat ini, kalian harus menjaga komitmen untuk mengabdi pada negara dan bangsa,” tandas Bupati.

Bupati Wonogiri Menyerahkan SK Pengangkatan 396 PNS
Bupati Wonogiri Joko Sutopo (berdiri kiri), memberikan sambutan pengarahan pada upacara pengangkatan 396 PNS baru di jajaran Pemkab Wonogiri.


Sebagai PNS, tambah Bupati, kalian saat ini berada pada fase observasi, untuk mengenal sistem yang telah berjalan, dan apa yang harus dilakukan. Proses ini, sangat menentukan bagi PNS untuk dapat mengemban tugas dengan baik atau tidak. Pada bagian lain sambutannya, Bupati, mengharapkan, dengan adanya penambahan ratusan PNS baru ini, hendaknya dapat menambah spirit dalam meningkatkan kinerja.

Diharapkan, mereka segera mampu menyesuaikan dengan rekan-rekan yang telah ada, yang speed-nya dalam bekerja cukup tinggi. Bupati, mengajak bersama untuk ubah Wonogiri menjadi positif. Dari daerah miskin, kota gaplek dan penyumbang urbanisasi terbesar di Indonesia, menjadi daerah yang punya kesetaraan dengan kabupaten lain. Selama tiga tahun terakhir ini, tingkat kemiskinan Wonogiri telah berada di zona hijau. ”Dulu rangking 30, sekarang rangking 18 dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah,” ujar Bupati.

Kepada PNS bidang kesehatan, diharapkan mampu melayani masyarakat dengan baik. Untuk PNS guru, hendaknya mampu mencetak SDM berkualitas. Jadikan semua tantangan dalam tugas, sebagai wujud pengabdian. ”Selamat mengabdi, saya berharap PNS mampu memberikan kontribusi besar untuk Wonogiri,” tegas Bupati.(Esti, Bagian Protokol Komunikasi Pimpinan Pemkab Wonogiri)

Editor: Bambang Pur