blank
Ada warga membagikan status di sebuah akun media sosial tentang meluapnya sungai di Dusun Ngasem, Desa Pelem, Kecamatan Gabus, Senin (03/02/2020) sore. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Sebanyak tiga desa di Kecamatan Gabus terendam banjir. Penyebabnya yakni meluapnya air sungai di Dusun Ngasem, Desa Pelem, Senin (03/02/2020).

Dari informasi yang diperoleh, banjir ini terjadi pukul 16.15 WIB. Saat kejadian, kondisi cuaca yakni hujan deras di area wilayah Kecamatan Gabus.

Akibatnya, tiga desa tergenang air. Yakni di Desa Pelem, Dusun Beru RT 05 RW 05 Desa Tahunan serta Desa Sulursari.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Grobogan, Endang Sulistyaningsih saat dikonfirmasi mengatakan, penyebab meluapnya air sungai akibat hujan yang sangat deras sehingga sungai tak mampu menampung debit air.

“Dari data di lapangan, ada sekitar lima rumah tergenang banjir. Seluruhnya ada di Desa Sulursari,” ungkap Endang.

Kelima rumah warga yang terendam banjir ini yaitu milik Ragil (48), Eni (45), Wahyudi (58), Agus (46) dan Totok (56). Ketinggian air yang merendam rumah mereka mencapai 30 cm.

“Karena tidak mampu menampung debit air, maka sungai meluap menggenangi jalan dan masuk ke rumah warga. Meski demikian, genangan air ini berangsur-angsur surut,” tutup Endang.

Hana Eswe-trs