blank
Kegiatan Wartawan Menanam I digelar di kompleks Gua Terawang, Kecamatan Todanan Blora dalam rangka peringatan HPN 2017 lalu. (Foto : SB/Wahono)

BLORA (SUARABARU.ID) – Dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 dan HUT Ke-74 PWI, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Blora, kembali akan melaksanakan program lingkungan hijau bertajuk Wartawan Menanam IV.

Untuk merealisasi kegiatan positif itu, PWI menggandeng Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Randubaltung, Blora, Jawa Tengah, dengan menanam 5.210 plances (bibit) jati plus dan rimba.

“Ini kegiatan yang sangat positif, kami sudah siapkan lahan dan bibitnya,” jelas Administratur/KKPH Perhutani KPH Randublatung, Akmad Basuki, Senin (3/2/2020).

Menurut Akhmad Basuki, untuk lokasi Wartawan Menanam IV akan digelar di lshan Petak 40 Resor Polisi Hutan (RPH) Ngliron, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ngliron, pinggir jalan raya Blora-Randublatung KM-18,2 Blora.

Di lokasi itu Rabu (12/2/2020) besok, akan ditanam 200 plances Jati Plus Perhutani (JPP), dan di hari yang sama ditanam 5.010 plances jati dan rimba di kawasan hutan di 12 BKPH wilayah KPH Randublatung.

Terpisah Sekretaris PWI Kabupaten Blora, Kudnadi Saputro, menjelaskan kegiatan ini sebagai tindaklanjut program yang sama pada HPN & HUT PWI tahun sebelumnya.

blank
Ketua PWI Jateng, H. Amir Machmud NS, dan Administratur KPH Cepu, Dadhut Sijanto, mengecek tanaman JPP Program Wartawan Menanam II di kawasan hutan Kalimodang RPH Ngawenan, BKPH Pasar Sore, KPH Cepu, persisnya di jalan raya nasional Blora-Cepu KM-17,8 Blora, Desember 2019. (Foto : SB/Wahono)

Juga Bhaksos

Selain Wartawan Menanam, lanjutnya, juga dilaksanakan bahkti sosial untuk anak yatim piatu di enam kecamatan di Blora, akan dilaksanakan di Mapolsek Todanan, Ngawen, Bogorejo, Kota Blora, Jepon dan Tunjungan.

“Untuk bhaksos, PWI bekerjasama dengan Polsek jajaran Polres Blora,” kata Kudnadi.

Khusus untuk Wartawan Menanam IV, melibatkan para pejabat BUMN, BUMD, BUMS, para Adiministratur Perhutani, pimpinan dinas-instansi (OPD), Polri, TNI,  Difabel Blora (DBM), mahasiswa, pelajar, Pramuka dan stakeholder PWI lainnya.

“Di acara Wartawan Menamam, akan ada prosesi potong tumpeng peringatan HPN 2020 dengan mengundang anak yatim piatu,” tambah Sekretaris PWI Blora.

Pejabat Administratur yang ikut terlibat di acara tersebut, pejabat Perum Perhutani Divre Jawa Tengah, KPH Blora, KPH Pati, KPH Randublatung, KPH Cepu, dan KPH Mantingan, KPH Ngawi, KPH Kebonharjo bersama pejabat humas masing-masing.

Pejabat lainya yang diundang, Kepala SKK Migas Jawa Bali Nusa Tenggara (Jabusa), pejabat ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), pejabat Pertamina Asset 4, Pertamina PEPC ADK bersama humasnya, dan para pimpinan perbankan.

Juga Direksi PT GMM Bulog, Kepala PT PLN Rayon Cepu, Kepala PT PLN Rayon Blora, juga diundang untuk kegiatanan menanam dan mangubagya peringatan HPN 2020 dan HUT Ke-74 PWI.

Wahono/mm