blank
Direktur Utama PDAM Tirta Aji Wonosobo H Muhammad Sahid SIP MSi ketika memberikan sambutan dalam acara Bhakti Sosial di Desa Tegalgot Kepil. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID)–  Dalam rangka memperingati HUT ke-44 Perusahaan Air Minum (PDAM) Tirta Aji Wonosobo memberikan bantuan sejumlah bibit pohon durian dan paket sembako kepada warga kurang mampu di Desa Tegalgot Kecamatan Kepil Wonosobo, Selasa (28/1).

Penyerahan bibit pohon dan paket sembako dilakukan Bupati Eko Purnomo SE MM kepada Kepala Desa Tegalgot Sugeng Taufik disaksikan Direktur Utama PDAM Tirta Aji H Muhammad Sahid SIP MSi dan Camat Kepil Miswari S Pd MM di halaman Balai Desa setempat.

Bupati Eko Purnomo mengapresisi langkah PDAM Tirta Aji pada usia ke-44 memperingati HUT dengan kegiatan bhakti sosial. Kegiatan bhakti sosial ini menunjukan perusahaan daerah tersebut menaruh kepedulian yang tinggi kepada warga kurang mampu. “Saya berharap bantuan bibit pohon durian bisa memberi manfaat kepada masyarakat.

Budaya menanam pohon harus terus digalakan sebagai ikhtiar untuk merawat kelestarian lingkungan agar tetap hijau dan terhindar dari musibah tanah longsor,” katanya.

Pemberian bantuan paket sembako, imbuhnya, juga mudah-mudahan dapat meringankan beban hidup bagi warga kurang mampu di Desa Tegalgot. Pihaknya meminta warga bisa bekerja keras mengembangkan ekonomi desa, sehingga bisa menurunkan angka kemiskinan.

“Saat ini Wonosobo masih masuk peringkat termiskin nomer dua dari bawah se-Jawa Tengah. Ini karena kualitas lingkungan hidup, kesehatan dan pendidikan warga masih tergolong rendah. Ke depan angka kemiskinan di Wonosobo harus turun,” pintanya.

Nomer Dua

blank
Bupati Wonosobo Eko Purnomo SE MM secara simbolis menyerahkan bibit pohon kepada Kepala Desa Tegalgot Sugeng Taufik di halaman Balai Desa setempat. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

Direktur Utama PDAM Tirta Aji H Muhammad Sahid SIP MSi melaporkan saat ini perusahaan daerah yang dipimpinya punya 96 ribu pelanggan air minum yang tersebar di beberapa wilayah di Wonosobo. Setiap tahun pelanggan PDAM Tirta Aji terus mengalami kenaikan.

“Di Jawa Tengah, PDAM Tirta Aji Wonosobo masuk rangking ke-2 dengan jumlah pelanggan terbanyak setelah PDAM Tirta Moedal Kota Semarang. Ini merupakan kondisi yang sangat bagus, air bersih dikelola perusahaan daerah dan dimanfaatkan masyarakat,” katanya.

Pada tahun 2020, tambahnya, PDAM Tirta Aji menargetkan jumlah pelanggan naik hingga mencapai 100 ribu. Pihak perusahaan daerah juga akan terus meningkatkan pelayanan terbaik demi kepuasan pelanggan dan semua daerah terjangkau air bersih.

“Pada mementum HUT ke-44 tahun 2020 ini, pihak managemen PDAM Tirta Aji menggelar beberapa rangkaian kegiatan. Di antaranya bhakti sosial di 10 panti asuhan, pemberian beasiswa kepada pelajar berprestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu,” sebutnya.

Menurut Sahid, selain kegiatan sosial seperti di atas, PDAM Tirta Aji bersama masyarakat juga berupaya membersihkan semua lokasi sumber mata air yang ada.

Pembersihan tersebut dilakukan agar kondisi mata air tetap terawat dan terjaga.

“Pada Minggu (2/2) akan digelar acara jalan sehat yang diikuti keluarga besar PDAM Tirta Aji dan steakholder yang lain. Sedang puncak acara, Senin (3/2), dilakukan resepsi dan tasyakuran di Kantor PDAM Tirta Aji Wonosobo,” bebernya.

Muharno Zarka-Wahyu