blank
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar ketika memberikan penghargaan Proper kepada perusahaan yang memenuhi ketaatan pada pelestarian lingkungan. Foto : SuaraBaru.id/dok

WONOSOBO(SUARABARU.ID)–PT Geo Dipa Energi (Persero) sebagai special mission vehicle di bawah Kementerian Keuangan (Kemenku RI), berhasil mendapatkan dua peghargaan Proper dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen KLH RI).

Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero), Riki Firmandha Ibrahim, Kamis (9/1), mengatakan Proper Hijau diberikan kepada PT Geo Dipa Energi Unit Dieng Jawa Tengah dan Proper Biru untuk PT Geo Dipa Energi Unit Patuha Jawa Barat.

“Dua penghargaan tersebut menjadi bukti nyata komitmen PT Geo Dipa Energi (Persero) untuk melakukan pengelolaan lingkungan secara komperhensif sesuai ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang ada,” katanya.

blank
Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero), Riki Firmandha Ibrahim, Gedung 2 Istana Wapres Jakarta, usai menerima pengharagaan Proper. Foto : SuaraBaru.id/dok

Penghargaan Proper diserahkan Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar kepada Dirut PT Geo Dipa Energi  Riki Firmanda Ibrahim di Gedung 2 Istana Wapres Jakarta, Rabu (08/01) lalu.

Menurut Riki, Proper merupakan penghargaan yang diberikan Kementerian LHK atas penilaian kinerja perusahaan terhadap ketaatan pengelolaan lingkungan. Setiap perusahaan harus memiliki kinerja keberlanjutan di bidang lingkungan.

“Proper bertujuan mendorong industri menerapkan prinsip ekonomi hijau dengan kriteria penilaian kinerja sistem manajemen lingkungan, efisiensi energi, konservasi air, pengurangan emisi,” katanya.

Selain itu, imbuhnya, harus ada perlindungan keanekaragaman hayati, program 3R (Reduce, Reuse, Recycle) limbah B3 dan limbah padat Non B3 serta mengurangi kesenjangan ekonomi dengan menerapkan program pemberdayaan masyarakat.

“Pengharagaan yang diterima PT Geo Dipa Energi merupakan hasil kerja keras insan perusahaan bersama dengan stakeholders lain. Selama ini perusahaan telah bekerjasama dengan berbagai pihak untuk kelestarian lingkungan sekitar,” terangnya.

Mengingat wilayah kerja PT Geo Dipa Energi juga merupakan destinasi wisata, katanya, pengelolaan lingkungan dan keterlibatan masyarakat menjadi salah satu perhatian bagi perusahaan untuk bisa berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan.

“Penghargaan ini menunjukkan PT Geo Dipa Energi telah melakukan pengelolaan lingkungan dengan baik. Perusahaan berkomitmen untuk terus melakukan berbagai inovasi pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat di sekitarnya,” katanya.

Lebih lanjut, Riki mengungkapkan PT Geo Dipa Eenergi turut mendukung upaya pemerintah dalam pembangunan energi bersih dengan target mengurangi emisi karbon CO2 hingga 6 juta ton di tahun 2035.

“Komitmen tersebut tercermin dalam rencana jangka pendek dan panjang pegembangan usaha PT Geo Dipa Eenergi sesuai program perubahan iklim yang tertuang dalam U U No : 16/2016 tentang Pengesahan Paris Agreement to the united nations,” pungkasnya.

Muharno Zarka-trs