Wahyu Timur MSC Apt (kiri) sedang memandu praktikum mahasiswanya

SEMARANG – Tantangan dunia farmasi semakin kompleks sehingga diperlukan SDM apoteker yang professional. “Para apoteker yang professional menjadi kebutuhan penting dalam rangka ikut menyehatkan kehidupan bangsa. Ini tantangan yang sangat menentukan di era ini sehingga harus disikapi secara serius melalui program pendidikan untuk menyiapkan SDM SDM yang professional” Demikian ungkap Wili Wahyu Timur MSC Apt (7/1).

Lebih lanjut dosen Prodi (S1) Farmasi Fakultas Kedokteran Unissula tersebut menyampaikan “Jika kita lihat formasi CPNS 2019 kebutuhan apoteker sangat banyak, disamping itu peluang kerja di dunia industri, instansi rumah sakit maupun wirausaha juga terbuka lebar ini tantangan lain dunia pendidikan kita untuk semakin memperkuat professionalitas”.

Untuk mendukung hal itu ada berbagai hal yang diperlukan seperti SDM pengajar yang kompeten, laboratorium yang memadai dan yang tak kalah penting sistem pembelajaran yang aplikatif dan sesuai dengan tantangan dunia farmasi saat ini.

“Di S1 Prodi Farmasi Unissula misalnya kita sudah menggunakan sistem pembelajaran modern PBL (problem based learning) agar mahasiswa tahu betul permasalahan di lapangan serta dibekali skill satu tahun ful praktik agar semakin terampil. Aspek penyiapan SDM yang paham sisi kehalalan juga kita tekankan dalam proses pembelajaran di laboratorium laboratorium Farmasi Unissula” Ungkap Wili di kampus Unissula./suarabaru.id