Bagikan
Para pembicara tengah menyampaikan materi dalam kegiatan LDK di SMP Negeri 4 Kertek Wonosobo. (Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

WONOSOBO-Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Kertek Wonosobo selama dua hari, mulai Senin (2/12) hingga Selasa (3/12), menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di kompleks sekolah setempat, Gondang Candimulyo Kertek.

LDK diikuti seluruh calon pengurus Osis, calon anggota Palang Merah Remaja (PMR) dan calon anggota Dewan Galang (Dega) Pramuka SMPN 4 Kertek. Peserta LDK merupakan siswa terpilih dari kelas VII hingga kelas VIII.

Kepala SMPN 4 Kertek Slamet Riyadi mengatakan LDK dilakukan guna membekali jiwa kepemimpinan dan ketrampilan berorganisasi bagi pengurus Osis, PMR dan Dega Pramuka yang baru. Sebelum terjun mengelola organisasi pengurus harus mengikuti kegiatan LDK.

“Sebagai pengurus Osis, PMR dan Dega Pramuka, siswa harus punya sikap tanggap, tangguh dan trengginas. Aktifis sekolah juga harus kreatif, inovatif dan mampu menyelesaikan masalah secara mandiri, dapat menjadi pionir atau tauladan bagi siswa lain,” katanya.

Pemateri dalam kegiatan LDK terdiri dari guru pembina Osis, dewan guru dan unsur TNI guna menempa ketrampilan Peraturan Baris Berbaris (PBB). Setiap peserta LDK wajib menaati peraturan yang ada. Di antaranya mengikuti semua sesi dari awal hingga akhir.

Peserta LDK sedang mengikuti ketrampilan PBB yang dipandu anggota TNI dari Koramil Kertek Wonosobo. (Foto : suaraBaru.id/Muharno Zarka)

SDM Unggul

“Selama mengikuti LDK peserta mengenakan seragam Osis, PMR, Pramuka dan olah raga serta wajib mengenakan identitas LDK. Semua peserta diwajibkan menjaga kekompakan tim selama kegiatan berlangsung,” ujar Pembina Kesiswaan SMPN 4 Kertek, wahyuli.

Ditambahkan Slamet Riyadi, generasi muda termasuk siswa SMPN 4 Kertek, merupakan penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insan bagi pembangunan nasional. Karena itu, sumber daya manusia (SDM) generasi muda harus tangguh, mandiri dan berani.

“Melalui kegiatan LDK ini diharapkan calon pengurus Osis, PMR dan Dega Pramuka SMPN 4 Kertek punya jiwa kepemimpinan yang mumpuni. Peka terhadap perkembangan yang ada dan mampu menguasai ilmu pengetahuan dan tehnologi (IPTEK) yang terus berkembang,” katanya.

Apalagi kini, imbuhnya, dunia tengah memasuki era digital. Sebagai generasi milenial siswa SMPN 4 Kertek harus mampu menguasai tehnologi informasi yang berkembang sangat pesat sekaligus punya bekal ilmu pengertahuan yang mendalam.

“Calon pengurus Osis, PMR dan Dega Pramuka harus melalui proses pembinaan yang matang. Sehingga karakter dan jiwa kepemimpinanya akan terbentuk. Dengan karakter dan jiwa kepemimpinan yang baik, roda organisasi juga bisa berjalan dengan baik,” sebutnya.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here