blank
Buah pir. Foto: Dok/Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID) –┬áSelain memiliki rasa manis dan enak, buah pir merupakan salah satu buah favorit yang mudah ditemukan di Indonesia. Diketahui, buah pir ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Melansir dari laman Kemenkes, buah pir bisa direkomendasikan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Bukan tanpa alasan, karena buah yang manis dan lezat ini memiliki kalori yang rendah per sajiannya. Bahkan kandungan vitamin dan nutrisinya juga begitu lengkap antara lain potasium, vitamin C, vitamin K, vitamin B kompleks, senyawa fenolik, asam folat, serat, magnesium.

Ada beberapa manfaat dari mengonsumsi buah pir, antara lain:

1. Melancarkan pencernaan
Mengonsumsi buah pir dapat memenuhi kebutuhan serat harian kamu. Asupan serat yang cukup dapat membantu melancarkan buang air besar (BAB) dan dapat mencegah sembelit. Dengan buang air besar yang terarur, usus kamu juga akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh
Kandungan vitamin C dalam buah pir dapat membantu meningkatkan stamina. Ditambah lagi tingginya tingkat flavonoid, vitamin K, dan tembaga dalam buah ini juga membantu melawan peradangan serta mampu membuat tubuh kamu menjadi lebih sehat, sehingga tidak mudah sakit.

3. Membantu menjaga berat badan
Kandungan serat dan air yang tinggi dalam buah pir dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga mampu mengurangi keinginan kamu untuk makan berlebihan.

Selain itu, sebuah penelitian mencatat bahwa mengonsumsi buah pir secara teratur dapat mengurangi kadar lemak tubuh dan secara signifikan mengurangi lingkar pinggang. Oleh karena itu buah pir bisa menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin menjaga berat badan atau menurunkan lemak berlebih.

4. Membantu menjaga kesehatan saraf
Tembaga yang terkandung dalam buah pir membantu menjaga kesehatan sel saraf. Tak hanya itu, zat ini juga berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, kolagen serta penyerapan zat besi.

5. Menjaga kesehatan kulit
Manfaat buah pir juga bisa dirasakan pada kulit. Pasalnya, buah ini mengandung vitamin C dan tembaga, yaitu nutrisi yang berperan penting dalam pembentukan kolagen yang mempengaruhi elastisitas kulit.

Ning S