Direktur Proliga, Hanny S Surkatty, PLN Mobile Proliga 2024, GOR Amongrogo, Yogyakarta, Jakarta LavAni Allobank Electric, Jakarta Bhayangkara Presisi, Jakarta STIN BIN, Jakarta Pertamina Pertamax, Palembang Bank Sumsel Babel, Kudus Sukun Badak, Jakarta Garuda Jaya, suarabaru.id

YOGYAKARTA (SUARABARU.ID)– Direktur Proliga, Hanny S Surkatty berharap, kompetisi bola voli kasta tertinggi di Indonesia pada Seri I ini, akan berlangsung seru. Hadirnya banyak pemain asing, tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton.

”Semua tim masih mencoba kekuatan masing-masing. Mudah-mudahan berjalan lancar. Selain itu, Proliga tahun ini akan berjalan seru, karena hadirnya banyak pemain asing yang ikut berlaga,” kata Hanny dalam keterangan tertulisnya, Rabu (24/4/2024).

Disampaikan juga, PLN Mobile Proliga 2024 kembali digelar. Kompetisi yang telah memasuki tahun ke-22 itu, mulai berlangsung di GOR Amongrogo Yogyakarta, mulai 25 April 2024, dan baru akan berakhir di tempat yang sama, pada 21 Juli 2024 mendatang.

BACA JUGA: IPHI Ajak Semua Pihak Bersatu Menuju Indonesia Emas 2045

Sebanyak tujuh tim putra dan putri, akan meramaikan kompetisi bergengsi ini, di sembilan kota besar di Indonesia. Tujuh tim putra itu antara lain, Jakarta LavAni Allobank Electric, Jakarta Bhayangkara Presisi, Jakarta STIN BIN, Jakarta Pertamina Pertamax, Palembang Bank Sumsel Babel, Kudus Sukun Badak, dan tim pendatang baru Jakarta Garuda Jaya.

Sedangkan di sektor putri terdiri dari Bandung Bank BJB Tandamata, Jakarta Pertamina Enduro, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Jakarta BIN, Jakarta Popsivo Polwan, Jakarta
Electric PLN, dan pendatang baru, Jakarta Livin Mandiri.

Ke-14 tim itu akan bertarung di sembilan kota, yakni Yogyakarta, Semarang, Palembang untuk babak reguler 1 (25 April-12 Mei 2024). Selanjutnya di Gresik untuk babak reguler 1 dan 2 (16-19 Mei 2024).

BACA JUGA: Pengukuran Lingkar Lengan, Upaya Turunkan Angka Stunting di Wonosobo

Kemudian berlanjut di Bandung, Malang, dan Pontianak untuk babak reguler 2 (6-23 Juni 2024). Sedangkan di Kediri dan Solo untuk Final Four (4-14 Juli 2024), dan ditutup di Yogyakarta sebagai laga grand final (20-21 Juli 2024).

Sebagai laga pembuka, juara bertahan Jakarta LavAni Allobank Electric, yang juga sebagai tuan rumah, akan menjajal tim pendatang baru Jakarta Garuda Jaya, Kamis (25/4/2024), di GOR Amongrogo Yogyakarta.

Manajer LavAni, Ossy Dermawan menyatakan, tak akan menganggap remeh semua lawannya, meski Garuda Jaya terdiri dari pemain-pemain muda. ”Kita menganggap semua tim berat. Termasuk Garuda Jaya,” tutur Ossy.

BACA JUGA: Persoalan Lingkungan di Pantura Jateng Disinggung, Pemda Diminta Buat Kebijakan Ekonomi Hijau

Oleh sebab itu, tim asuhan pelatih asal Kuba, Nicolas Vives ini berlatih serius untuk menghadapi semua calon lawannya, di Proliga 2024. Apalagi, imbuh Ossy, LavAni sebagai juara bertahan tentunya ingin tetap mempertahankan gelar juara tahun ini.

”Mau tidak mau, suka tidak suka, sebagai juara bertahan tentunya kita ingin kembali meraih gelar juara di tahun ini. Makanya, kami mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh,” ujarnya lagi.

Seperti diketahui, klub milik Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono ini, dua tahun berturut-turut mampu menjuarai Proliga 2022 dan 2023. ”Tahun ini kita ingin meraih juara kembali,” lanjut Ossy.

BACA JUGA: Ini Pesan Wabup Wonosobo pada 47 Kafilah MTQ Ke-XXX Jateng

Diungkapkan dia, dua pemain asing LavAni, Renan Buiati dari Brazil dan Mohamad Reza Beik (Iran), juga sudah ikut bergabung dengan sang juara bertahan.

Selain akan menghadapi Garuda Jaya, Dio Zulfikri dkk, juga akan menghadapi Palembang Bank Sumsel Babel, pada laga penutup seri pertama di Yogyakarta, Minggu (28/4/2024).

Selain laga tuan rumah versus Garuda Jaya, dua laga lainnya berlangsung di sektor putri di hari pertama, Kamis (25/4/2024), yaitu Jakarta BIN bertemu pendatang baru, Jakarta Livin Mandiri, dan juara bertahan Bandung Bank BJB Tandamata melawan Jakarta Pertamina Enduro.

Seluruh laga Proliga 2024 ,ini nantinya akan disiarkan secara langsung di Moji TV dan Vidio.com, serta Voli TV di Nex Parabola.

Riyan