Sinung : Jateng Banjir Event di 2020
Kepala Disporapar Jateng Sinung Rachmadi melaunching Jawa Tengah Calendar of Events 2020 di MG Setos, Rabu (27/11).

SEMARANG – Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah melaunching Jawa Tengah Calendar of Events 2020, Rabu (27/11). Menurut Kepala Disporapar Jateng Sinung Rachmadi, kegiatan ini merupakan apresiasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kepada para penyelenggara event di Jawa Tengah.

Sinung mengatakan di tahun 2020 nanti akan ada lebih dari 250 event yang diselengarakan di Jawa Tengah. Masing-masing event memiliki keunikan dan merupakan bagian dari budaya dan kearifan lokal masyarakat setempat.

“Kekuatan budaya adalah DNA destinasi yang tidak ditemui di daerah lain. Momentum ini sekaligus juga sebagai upaya promosi event tahun 2020 dan menjadi spirit untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas event di Jawa Tengah,” katanya.

Dari 250 event, Pemprov Jateng telah mempersiapkan Top 10 Events Jawa Tengah, yaitu Dieng Culture Festival, Festival Cheng Ho, Festival Kota Lama, Festival Payung Indonesia, Solo International Performing Arts, Borobudur Marathon, Borobudur International Festival, Festival Jamu dan Kuliner, Solo Batik Carnival, dan Festival Sindoro Sumbing.

Sinung : Jateng Banjir Event di 2020
Kepala Disporapar Jateng Sinung Rachmadi.

Sinung menjelaskan, Enam dari Top 10 Events Jawa Tengah tersebut berhasil masuk dalam Top 100 National Calendar of Events 2020 Kementrian Pariwisata, yaitu Dieng Culture Festival (DCF), Festival Cheng Ho, Festival Kota Lama, Festival Payung Indonesia, Solo International Performing Arts (SIPA), dan Borobudur Marathon.

Event-event tersebut telah memenuhi beberapa kriteria, antara lain memiliki unsur 3C (Creative/Cultural Value, Commercial/ Communication media Value, dan CEO Commitment/ Consistency), selain itu telah diselenggarakan secara kontinyu selama 3-4 tahun berturut-turut, mempunyai target dan realisasi kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara yang meningkat setiap tahunnya, dan telah memiliki digital address.

Terkait dengan Borobudur sebagai destinasi super prioritas, Pemprov Jateng telah mempersiapkan dan akan memfasilitasi penyelenggaraan beberapa event berskala internasional, antara lain Festival Suling Internasional (April 2020), Ruwat Rawat Borobudur, Borobudur Writers and Culture Festival, Tour De Borobudur, dan Borobudur Cartoon.

“Calendar of Events merupakan salah satu program strategis dalam mempromosikan Borobudur melalui events untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara serta menggerakkan wisatawan nusantara agar berwisata ke Borobudur pada khususnya, dan Jawa Tengah pada umumnya,” kata Sinung (suarabaru.id)